Breaking News

Connect With us

November 19, 2020

Akibat Sering Longsor, Pemkab Tanah Datar Prioritaskan Pembangunan Pengaman Tebing di Kawasan Puncak Pato


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Kawasan Puncak Pato yang banyak sekali terdapat tebing sangat rawan dengan bencana longsor, terlebih pada saat musim penghujan seperti sekarang ini. Mengingat hal tersebut Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Datar memprioritaskan pembangunan Pengaman Tebing di Kawasan Puncak Pato. Pembangunan dilaksanakan dengan Teknologi Rekayasa Baru.


Hal tersebut disampaikan   Kalaksa BPBD Tanah Datar Thamrin pada saat mendampingi Pjs. Bupati Erman Rahman dalam menyambut kunjungan Deputi Rehabilitasi dan Rekonstruksi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Rifai beserta  rombongan  yang meninjau pembangunan pengaman ruas jalan yang berlokasi di kawasan Puncak Pato Kabupaten Tanah Datar, Rabu, 18 November 2020 kemaren.


Thamrin menjelaskan pembanguan pengaman tebing sepanjang lebih kuran 500 meter ini sangat penting mengingat saat intensitas hujan tinggi, sering terjadi longsor yang mengganggu mobilitas dan perekonomian masyarakat.


"Pada tahun 2017 yang lalu, saat longsor tebing puncak Pato yang berada pada 2 wilayah yakni Kecamatan Lintau Buo Utara dan Sungayang ini, secara darurat Dinas PU pada waktu itu sudah mencoba menormalkan dengan cara memotong jalan ke arah tebing dan tahap berikutnya dibuat perencanaan berupa DED dan kita koordinasikan dengan BPBD Provinsi. Alhamdulillah setelah diverifikasi dinyatakan layak didanai melalui dana rehab dan rekonstruksi tahun 2019" jelas Thamrin.


"Proposal ini diantar langsung oleh Almarhum Bupati Irdinansyah Tarmizi dan ditindak lanjuti oleh Wakil Bupati Zuldafri Darma dan upaya BPBD Provinsi. Hibah Rp. 8 Miliyar lebih ini cukup besar dalam satu titik kegiatan" sambungnya.

 

Dijelaskannya, setelah dilakukan kajian teknis alternatif konstruksi penahan dinding tebing yang ada, dipilihlah beton dengan konstruksi soil nailing yang dinilai paling efektif dan efisien baik dalam pelaksanaannya, pembiayaannya dan pemeliharannya.


Thamrin juga katakan pembangunan yang dilakukan bukan untuk menghambat longsoran bukit semua tetapi untuk mengantisipasi longsoran kecil.


"Pilihan konstruksi ini seperti yang sudah ada di Kelok 9 Kabupaten Lima Pupuh Kota. Kita berharap dengan pembangunan ini masyarakat bisa merasa aman dan nyaman melewati kawasan puncak Pato" pungkasnya. (Z.Z)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!