Breaking News

Connect With us

November 19, 2020

Calon Bupati Padang Pariman Refrizal: Peringatan Maulid Nabi Muhammada SAW Mengingat Kembali Keteladanan Nabi


FS.Padang Pariaman(SUMBAR)-Calon Bupati Padang Pariaman Nomor urut 3 Refrizal dan rombongan Hadiri kegiatan peringatan Maulid Nabi di Surau Tonggak Korong Padang Kandang Pulau Air Kec. Nan Sabaris pada Kamis (19/11).


Refrizal mengatakan, peringatan maulid nabi tidak hanya sekedar mengingat hari kelahiran rasulullah saja, namun lebih dari itu kita harus kembali mencontoh keteladanan dari nabi.


"Perjuangan beliau dalam menegakkan agama Allah harus tetap kita lanjutkan, meskipun ia sudah tidak ada lagi. Di karenakan musuh agama ini akan tetap ada, untuk itulah perjuangan kita tidak akan pernah berhenti," pungkasnya.


Lanjutnya, peringatan maulid nabi pertama kali diperkenankan oleh salahudin Al Ayubi guna membangkitkan kembali semagat perjuangan islam yang ketika itu sempat kendor. 


"Sampai dunia ini berakhir kita tidak boleh lengah dari musuh islam dan api semangat harus tetap dikobarkan dalam menegakkan panji agama Allah ini,"pungkasnya.


Semarak maulid Nabi Muhammad saw di Surau Tonggak Nagari Padang Kandang Pulau Air  Kec. Nan sabaris Kab.Padang pariaman, menjadi kegiatan ke agamaan yang rutin di laksanakan setiap tahun nya di wilayah bina'an dalam memeriahkan hari kelahiran nabi besar Muhammad saw.


Tradisi adat yang ada di nagari dan sering di laksanakan dalam acara maulid nabi, diiringi dengan zikir dan melantun kan ayat sarafal anam dari malam sampai siang hari oleh alim ulama.


Makan bajamba bersama di dalam masjid.setiap ibu-ibu menghantar kan Jamba ( Nasi dan lauk ) serta Lamang ke masjid agar di zikirkan dan di do'akan oleh alim ulama.


Setelah itu pelaksanaan do'a bersama kemudian di laksanakan makan bersama dengan istilah makan bajamba.


Disa'at keluar masjid tak di sangka ibu-ibu sudah mempersiapkan Bungkusan Nasi dan Sambal serta lemang, untuk undagan dan tamu yang datang.(war)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!