Breaking News

November 19, 2020

Deputi BNPB Tinjau Pembangunan Pengaman Tebing di Kawasan Puncak Pato, Tanah Datar


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Deputi Rehabilitasi dan Rekonstruksi Badan Nasional Penanggulangan Bencana  (BNPB), Rifai beserta  rombongan meninjau pembangunan pengaman ruas jalan yang berlokasi di kawasan Puncak Pato Kabupaten Tanah Datar.


Humas Tanah Datar dalam rilisnya hari ini menyebutkan, kunjungan Deputi BNPB yang dilakukan Rabu, 18 November 2020 kemaren, didampingi langsung oleh Pjs. Bupati Tanah Datar Erman Rahman.Setelah mendengar paparan dan tanya jawab dengan berbagai pihak di lokasi, Rifai  pun mengaku puas atas pembangunan dinding penguat tebing di Puncak Pato dengan memakai Teknologi Rekayasa Baru itu.  Rifai  menyebutkan  pembangunan pengaman tebing di Puncak Pato ini merupakan  pekerjaan sipil terbaik tahun 2019 yang ada di seluruh Kabupaten/Kota Sumatera Barat yang dikunjunginya.


"Ini sebuah teknologi yang bagus terkait pekerjaan Bina Marga. Setelah kunjungan kami, ini akan menjadi sebuah rekomendasi bagi kami dan saya juga akan segera konsolidasi pada tim RR, ada beberapa alternatif untuk penguatan pekerjaan bina marga ke depannya," sampainya didampingi Widyaswara Utama BNPB Medi.


Setelah melihat lokasi, Rifai juga mengusulkan kepada Pemerintah Daerah segera mengantisipasi resiko yang masih ada dengan belum tuntasnya kupasan dinding tebing dengan segera lakukan penanaman atau vegetasi yang sifatnya menahan tebing.


"Tanaman yang paling bagus itu fetifer, sejenis akar wangi yang kekuatan akarnya setara 3 ton baja. Bapak Kepala BNPB pun sudah mensosialisasikannya, seperti yang baru dikerjakan di Pasir Madang Bogor seluas 853 hektar," ungkap Rifai.


Rifai juga meminta Pemerintah Daerah melalui BPBD Kabupaten Tanah Datar untuk menyampaikan laporannya berikut dokumentasinya, untuk dijadikan kajian agar bisa diaplikasikan di tempat lain.

Rifai juga berpesan kepada masyarakat untuk ikut bersama-sama pemerintah merawat dan menjaga hasil pembangunan agar terawat dan untuk jangka panjang.


Sementara Pjs. Bupati Erman Rahman menyambut baik kunjungan rombongan BNPB ke Tanah Datar.


"Atas nama pemerintah daerah, kami menyampaikan terima kasih atas dukungan pemerintah pusat khususnya dalam alokasi dana bantuan rehabilitasi dan rekonstruksi bencana alam. Tanah Datar termasuk daerah rawan bencana terutama banjir dan longsor. Pembangunan dinding pengaman yang kita lihat sekarang luar biasa," sampai Erman.


Erman berharap ke depan BPNB tetap membantu Tanah Datar dalam penanganan dan rehab bencana. "Ke depan, pemerintah daerah tetap mengalokasikan anggaran pendamping tidak hanya berharap dari BNPB. Masih ada usulan kita seperti untuk Jorong Mawar dan tempat lainnya" sambungnya. (Z.Z)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!