Breaking News

November 26, 2020

GEBUnet Pemko Padang Diapresiasi Pemko Pekanbaru


FS.Padang(SUMBAR)-Sebuah terobosan yang digagas Pemerintah Kota Padang, yaitu GEBUnet (Gerakan Seribu Rupiah untuk Internet) mendapat apresiasi dari pemerintah daerah di  luar Sumatera Barat. Apresiasi tersebut datang dari Pemerintah Kota Pekanbaru.


Sehingga, Pemko Pekanbaru perlu melakukan kunjungan kerja (kunker) atau studi banding ke Kota Bingkuang tersebut.


Rabu (25/11/2020), rombongan Pemko Pekanbaru yang dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) Pekanbaru Muhammad Jamil menyambangi Pemko Padang. Plt. Wali Kota Padang diwakili Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Rudy Rinaldy menyambut rombongan dalam pertemuan yang dilangsungkan di ruangan Staf Ahli Balaikota Padang.


Kepala Dinas Kominfo Rudy Rinaldy dalam penyampaiannya menjelaskan, perihal GEBUnet yaitu adalah inovasi yang dilakukan Pemko Padang guna memfasilitasi masyarakat khususnya generasi muda melalui penyediaan atau pengadaan internet atau Wi-Fi gratis. Khususnya hal ini diterapkan di masjid-musala di Kota Padang.


"GEBUnet ini sejatinya adalah program pemberdayaan masyarakat. Dimana masyarakat yang ingin mengakses internet hanya perlu merogoh kocek uang minimal Rp.1.000 saja per orang. Setelah itu warga bisa menikmati internet seharian dengan paket unlimited di tempat yang disediakan seperti masjid dan musala," jelasnya.


Rudy melanjutkan, adapun hingga saat ini, telah terdapat tujuh atau delapan masjid/musala di Kota Padang yang telah dipasangi pihaknya Wi-Fi gratis.


 "Kita di Pemerintah Kota Padang menargetkan 11 masjid di 11 kecamatan di Kota Padang dapat terpasang Wi-Fi gratis. Alhamdulillah juga mendapat respon baik dari warga dan stakeholder terkait. Kita berharap ke depan semakin banyak lagi spot internet yang kita buat," ungkapnya sembari mengucapkan selamat datang di Kota Padang bagi rombongan Pemko Pekanbaru tersebut.


Sementara itu, Sekda Pekanbaru Muhammad Jamil mewakili rombongan mengaku takjub dengan inovasi yang dilakukan Pemko Padang melalui Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Padang tersebut.


"Ya, GEBUnet ini merupakan terobosan dan inovasi yang sangat luar biasa, dimana saat ini warga memang tengah kesulitan mengakses internet di tengah pandemi Covid-19 yang belum bisa ditentukan kapan berakhirnya. Terutama sekali bagi para pelajar dan generasi muda kita yang sekarang diharuskan belajar secara daring. Inovasi ini sangat membantu warga dan kami atas nama Pemko Pekanbaru sangat mengapresiasi. Semoga ilmu yang kita dapat di sini bisa kita terapkan pula di Pekanbaru," ujarnya.


Ia menambahkan, dalam kunjungan ke Pemerintah Kota Padang kali ini pihaknya juga ingin mengetahui tentang kondisi dan perkembangan aktifitas Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di Kota Padang. 


"Alhamdulillah, kali ini sangat jelas dan panjang lebar perihal PPID oleh Pemko Padang. Tentunya beberapa hal yang disampaikan dapat menjadi acuan bagi Pemko Pekanbaru untuk meningkatkan PPID Pekanbaru ke depan. Semoga membuat Kota Pekanbaru lebih maju lagi," ungkapnya. 


Di akhir pertemuan, kedua pihak saling menyerahkan cendera mata sebagai pertanda hubungan dan kerjasama yang baik antar masing-masing pemerintah daerah.(Mul/Prokompim)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!