Breaking News

Connect With us

November 10, 2020

"Kehati" akan Lengkapi Obyek Wisata Kandi di Sawahlunto


FS.Sawahlunto(SUMBAR)-Siapa yang tidak kenal dengan Obyek Wisata Kandi. Taman Wisata Kandi adalah salah satu tujuan wisata di Kota Arang Sawahlunto yang cukup menarik. Kini Taman Wisata Kandi akan semakin unik dan menari dengan kehadiran  Taman Keanekaragam Hayati (Kehati) .Taman  Kehati tersebut  direncanakan akan dibuka di area 24,28 hektare dan dibangun 2021 mendatang. 


Menurut keterangn Humas Kota Sawahlunto dalam rilisnya hari ini, rencana kehaditan Taman Kehati tersebut disebut Walikota Deri Asta pada saat acara Forum Group Diskusi (FGD) tentang masterplan Taman Hayati, Kamis, 5 November 2020 kemaren. 


 "Ini inovasi baru yang dilakukan NGO (non governance organisation-red) terhadap lahan bekas tambang batubara di daerah ini" kata Walikota Deri Asta di sela-sela  FGD tersebut. 


Dikatakan, adanya Taman Kehati akan menambah khazanah pariwisata Kandi. Kini di Kandi sudah ada wahana wisata, Taman Satwa, camping ground, road race dan wisata air. 


Deri Asta juga sebutkan , dari masterplan yang ditampilkan pihak perencana sudah bagus. "Harapan kami, Taman Kehati ini bisa memberi kemaslahatan bagi Kota Sawahlunto dan masyarakat" ujar Deri. 


Sementara Andi, dari PT Ruang Hijau selaku  Konsultan Perencanaan pembangunan Taman Kehati, Kandi, menjelaskan, Taman Kehati akan saling melengkapi dengan objek wisata yang sudah ada di Kandi.  


Menurut Andi, konsep Taman Kehati merupakan konservasi yang memadukan pendidikan, budaya religi dan alam sebagai wadahnya. "Penghijauan diawal kegiatan wajib dilakukan karena butuh naungan pohon baru," tutur Andi. 


Di lain pihak, Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman Pertanahan dan Lingkungan Hidup (DPKP2LH) Adrius Putra mengatakan, Taman Keanekaragaman Hayati dibangun Yayasan Kehati ,milik Bapak Emil Salim mantan Menteri Lingkungan Hidup yang tujuannya menyelamatkan lingkungan.


Lebih jauh Adrius Putra menjabarkan ada beberapa point' program yang dilaksanakan dan ditampilkan dalam Taman Kehati ini.


Di Taman Kehati akan ditampilkan keanekaragaman makhluk hidup di muka bumi dan peranan-peranan ekologisnya, yang meliputi Keanekaragaman  ekosistem, keanekaragaman spesies, dan keanekaragaman genetik.


Taman Keanekaragaman Hayati, adalah suatu kawasan pencadangan sumber daya alam  hayati lokal di luar kawasan hutan yang mempunyai fungsi konservasi in-situ dan/atau ex-situ, khususnya bagi tumbuhan yang penyerbukan dan/atau  pemencaran bijinya harus dibantu oleh satwa dengan struktur dan komposisi vegetasinya dapat mendukung kelestarian satwa penyerbuk dan pemencar biji.


"Program Taman kehati bertujuan untuk menyelamatkan berbagai spesies tumbuhan asli/lokal yang memiliki tingkat ancaman sangat tinggi terhadap kelestariannya atau ancaman yang mengakibatkan kepunahannya" pungkas Adrius.


Semoga dengan hadirnya Taman Kehati di Taman Wisata Kandi kana semakin menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Taman Wisata Kandi.(Z.Z)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!