Breaking News

Connect With us

November 25, 2020

Pemdes Kubang Tangah Akan Salurkan 400 Kg Bibit Bawang Merah untuk Petani Kubang


FS.Sawahlunto(SUMBAR)-Memotivasi masyarakat dan generasi muda untuk cinta dan kembali bertani, maka Pemerintah  Desa (Pemdes) Kubang Tangah, Kecamatan Barangin, Kota Sawahlunto  melakukan berbagai motivasi dan bantuan  kepada masyarakat. Motivasi dan bantuan diberikan agar di masa-masa  New Normal Covid-19  perekonomian masyarakat kembali  bergairah lagi. Salah satu program yang diusahakan adalah program di bidang pertanian.


Setelah melakukan panen perdana bawang merah  yang langsung dilakukanoleh  Walikota Sawahlunto Deri Asta, SH  didampingi General Manajer PT. BA, Kepala Dinas Pertanian dan Camat Berangin beberapa waktu lalu, kini Pemdes Kubang Tengah  masih terus melakukan pengembangan pertanian Bawang Merah, dengan memanfaatkan dan mengolah Tanah Desa.Pemdes  kembali akan membeli 400 Kg Bibit Bawang Merahuntuk diberikan kepada masyarakat petani dan pemuda Kubang Tangah.  


Sebagaimana dituturkan Kepala Desa Kubang Tangah Rice Ricardo kepada fokussumatera.com, Rabu, 25 November 2020.Rice katakan bahwa dirinya belum puas dengan hasil yang ada dan masih akan mengembangkan komoditas Bawang Merah untuk lebih meningkatka perekonomian masyarakat Kubang Tengah.


‘’ Beberapa waktu lalu telah dilakukan panen perdana  Bawang Merah di Dusun Batu Tajam  yang dilakukan oleh Pak Walikota beserta rombongan, juga PPL pertanian yang slalu mendampingi dan memberikan masukan kepada Kelompok-Kelompok Tani  di Desa Kubang. Bahkan Pak Walikota sempat meminta Dinas Pertanian untuk trus memberikan masukan dan mentransfer ilmu di bidang pertanian terutama Bawang Merah pada masyarakat Desa Kubang Tangah, karena dari hasil yang sudah kita lihat cukup bagus dan menjanjikan, mana tahu Desa Kubang   Tangah bisa salah satu pemasok Bawang  Merah di Sawahlunto , sebagaiman  dituturkan Pak Walikota kita saat itu’’ ujar Rice.


Rice Ricardo tambahkan’’ Namun kita jangan cepat puas dengan hasil yang ada,  selaku Kepala Desa saya akan terus melakukan penanaman dan pengembangan di lahan-lahan di Desa Kubang Tangah ,supaya Desa Kubang Tangah betul-betul  cocok dalam segala hal untuk bertani Bawang Merah. Jadi tak hanya satu dusun saja yang bisa tanam bawang tapi kalau memungkinkan semua wilayah di Desa Kubang bisa cocok dengan Komoditi  Bawang Merah  ini, sehingga petani di Kubang bisa mengolah lahan kosong yang masih banyak untuk ditanami Bawang Merah ‘’.


‘’Sekarang Pemerintah Desa akan membeli sekitar 400 kg bibit untuk masyarakat petani dan pemuda ,bibit langsung dibeli ke Alahan panjang , yang sudah terkenal dengan berbagai macam tanaman muda termasuk bawang merah. Mudah-mudahan kedepannya ini berhasil dengan baik’’ pungkas Rice. (Z.Z)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!