Breaking News

Connect With us

November 29, 2020

Pemko Sawahlunto Gelar SISSCa 2020


FS.Sawahlunto(SUMBAR)-Perhelatan Sawahlunto International Songket Silungkang Carnival (SISSCa)  Tahun 2020 telah dimulai pada Sabtu, 28 November 2020 kemaren dan rencananya akan digelar selama 3 hari hingga  30 November 2020. Terkait hal tersebut Walikota Sawahlunto Deri Asta, SH yang didampingi Wakil Walikota Zohirin Sayuti dan Sekdako dr. Ambun Kadri, MKM menggelar jumpa pers bersama rekan wartawan dan media yang ada dikota Sawahlunto, Sabtu, 28 November 2020 kemaren.


Iven SiSSCa ini merupakan iven rutin  tahunan yang diselenggarakan Kota Sawahlunto, Sumatera Barat sekaligus  merupakan rangkaian kegiatan menyambut HUT ke-132  Kota Sawahlunto, tanggal 1 Desember 2020 mendatang (1 Desember 1888-1 Desember 2020).


Berbeda dengan tahun sebelumnya, pelaksanaan kegiatan SISSCa 2020 ini tidak melakukan pawai busana berbahan Songket.


"Kegiatan tahun ini walaupun tidak diadakan pawai arak-arakan busana berbahan Songket, tidak akan mengurangi makna dan kemeriahannya," ujar Walikota Deri Asta.


Lebih jauh Deri Asta memaparkan kegiatan SISSCa 2020 tetap melakukan penampilan hasil kreasi - kreasi desainer lokal dan nasional dalam bentuk Modeling Virtual. Desainer lokal ini berasal dari organisasi sosial, instansi pemerintah, BUMN dan sekolah.


"Modeling Virtual ini kita pusatkan di tiga tempat, yakni Geopark Batu Runcing, Dermaga Camping Ground dan Museum Gudang Ransum. Ini kita lakukan untuk menghindari penumpukan massa disatu tempat,makanya kita bagi lokasi kegiatannya."


Pelaksanaan event SISSCa 2020 ini tetap mengikuti protokol kesehatan (Prokes) Covid - 19, seperti mencuci tangan dengan hand sanitizer, memakai masker dan menjaga jarak.


Saat ini Songket Silungkang masih dibuat menggunakan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM) dilakukan secara manual, ini memberikan kebebasan bagi pengrajin untuk berkreasi menciptakan motif dan warna sesuai keinginan konsumen. Songket Silungkang sudah diakui sebagai Warisan Budaya Tak Benda oleh Negara. (Z.Z.Dt.Malako)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!