Breaking News

November 6, 2020

Pemko Sawahlunto Tetapkan 5 Poin Kebijakan Pembangunan dan Prioritas Belanja Daerah untuk Pemulihan Kehidupan Sosial Ekonomi Tahun 2021


FS.Sawahlunto(SUMBAR)-Pemerintah Kota  (Pemko) Sawahlunto. telah mengambil kebijakan terkait dengan pemulihan kehidupan sosial ekonomi masyarakat.  Dalam Kebijakan Pembangunan dan Prioritas Belanja Daerah tahun 2021 Pemko Sawahlunto, dari total 8 poin ada  setidaknya 5 poin prioritas yang mengarah pada pemulihan sosial ekonomi . Hal tersebut  disesuaikan dengan arah kebijakan fiskal Pemerintah Pusat yang  lebih mengarah pada percepatan pemulihan sosial ekonomi dan penguatan reformasi di bidang pendapatan guna mendukung pemulihan Dunia Usaha dan optimalisasi melalui inovasi kebijakan untuk percepatan pemulihan ekonomi.


Humas Kota Sawahlunto dalam rilisnya hari ini menyampaikan bahwa  Walikota Sawahlunto Deri Asta, SH telah memaparkan hal tersebut  usai menghadiri Paripurna DPRD Sawahlunto, Rabu 04 November 2020.


 Dikatakan Deri Asta, bahwa prioritas pemulihan sosial ekonomi ini juga telah selaras dengan visi dan misi Pemko Sawahlunto yakni dengan kebersamaan mewujudkan Sawahlunto sebagai kota wisata yang kreatif, inovatif, unggul, bermartabat, adil dan sejahtera.


"Kita kan memang sudah dan terus memberikan perhatian khusus pada pengembangan ekonomi produktif masyarakat. Sehingga 2021 nanti, dalam masa pemulihan sosial ekonomi akibat pandemi Covid ini, maka program ekonomi produktif ini akan kita garap lebih maksimal" ujar Walikota Deri Asta.


Program ekonomi produktif yang telah dijalankan oleh Pemko Sawahlunto itu, dicontohkan Walikota antara lain adalah ; bantuan modal usaha berupa dana bergulir, bantuan ternak kambing (sebelumnya juga ayam dan itik), bantuan bibit pinang dan manggis serta sejumlah bantuan lainnya untuk memicu pertumbuhan ekonomi produktif masyarakat.


Sementara, 5 poin prioritas di kebijakan pembangunan dan prioritas belanja daerah yang mengarah pada pemulihan sosial ekonomi itu adalah ; peningkatan kualitas produk dan komoditi unggulan daerah serta peningkatan kualitas tenaga kerja.


Kemudian, penyediaan infrastruktur yang menjamin pembangunan berkelanjutan. Juga peningkatan kualitas dan daya tarik destinasi serta promosi wisata.


Selanjutnya, peningkatan kualitas perencanaan, penyelenggaraan dan pengawasan serta pelaporan pembangunan di tingkat kota, perangkat daerah dan pemerintah terdepan. Serta penerapan sistem pengelolaan pemerintah berbasis teknologi informasi dan industrialisasi 4.0.


Deri Asta berharap di tahun 2021  mendatang kehidupan sosial ekonomi masyarakat Kota Sawahlunto dapat mengalami peningkatan, ekonomi masyarakat tumbuh secara produktif yang akan mendukung ketahanan ekonomi dan juga kehidupan sosial yang dinamis.(Z.Z)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!