Breaking News

Connect With us

November 12, 2020

Penuhi Janji Saat Kampanye, Deri Asta Realisasikan Dana Pendidikan Lebih Dari 2 Milyar untuk Sawahlunto


FS.Sawahlunto(SUMBAR)-Walikota Sawahlunto Deri Asta, SH penuhi janjinya di masa kampanye bahwa akan memproritaskan  Pendidikan di Kota Sawahlunto. Janji pada masa kampanye tersebut telah direalisasikannya, terbukti dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD)  Kota Sawahlunto  tahun 2020 ini, Deri Asta menganggarkan  alokasi dana untuk Pendidikan sebesar 2 Milyar lebih. Total anggaran yang disediakan Pemko Sawahlunto pada APBD tersebut diperuntukkan  bagi  bantuan uang masuk kuliah dan reward (penghargaan) terhadap mahasiswa berprestasi terus meningkat signifikan. Padahal pada  awal tahun  2018  dana tersebut baru di kisaran sekian ratus juta, dan terus mengalami peningkatan pada  2019 menjadi  Rp 1 milyar lebih dan sekarang di tahun  2020 ini sudah mencapai Rp 2 milyar lebih. Dengan peningkatan jumlah anggaran itu, maka jumlah mahasiswa penerima bantuan dan reward (penghargaan) tersebut juga semakin bertambah. Deri Asta berjanji kedepannya akan semakin meningkatkan dan memajukan pendidikan di Sawahlunto.


Menurut keterangan Humas Kota Sawahlunto dalam rilisnya hari ini menyampaikan bahwa Waklikota Deri Asta  telah menyerahkan  secara simbolis bantuan uang masuk  kuliah dan reward tersebut kepada mahasiswa Sawahlunto, pada  Jum’at 06 November 2020 kemaren di Kantor Balaikota setempat.


Untuk tahun 2020 ini, sesuai data dari Dinas Pendidikan Kota Sawahlunto yang disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kota  Sawahlunto Asril, jumlah mahasiswa yang menerima bantuan biaya masuk kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terakreditasi A dan B berjumlah 231 orang. Dengan rincian mahasiswa pada jenjang pendidikan Strata 1 (S 1) sebanyak 177 orang, kemudian di jenjang Diploma III (D III) sebanyak 54 orang. 


Sementara, untuk jumlah mahasiswa yang menerima reward (penghargaan) mahasiswa berprestasi dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) di atas 3,1 yakni sejumlah 772 orang. 


Asril juga menambahkan bahwa pada 2020 ini ada penambahan kategori baru, yakni bantuan biaya masuk kuliah bagi mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu. 


Dalam arahannya Walikota Sawahlunto Deri Asta menyampaikan  Pemerintah Kota Sawahlunto akan terus berupaya untuk memajukan pendidikan di Kota Sawahlunto.


‘’Ini adalah program dan visi misi. Jadi sesuai dengan janji-janji kita pada saat kampanye dulu,  bagaimana meningkatkan SDM Kota Sawahlunto. Kita memang menginginkan anak-anak Sawahlunto memiliki pendidikan tinggi, sampai ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Oleh sebab itu kita buat program yaitu Saporting’’ ujar Walikota Deri Asta.


Deri Asta sampaikan untuk mencapai jenjang pendidikan yang lebih tinggi yang paling berkompeten adalak anak-anak/siswa itu sendiri.’’Semangat dari adek-adek, pengorbanan dari orang tua dan yang terakhir adalah Saport dari Pemerintah. Saport Pemerintah kita lihatkan pada hari ini yang merupakan tahun ketiga Pemko memberikan reward-reward bagi anak-anak mahasiswa di Kota Sawahlunto’’ tambahnya.


Lebih lanjut Deri Asta katakan Reward tersebut yang pertama adalah Beasiswa Uang Masuk bagi siswa yang masuk Perguruan Tinggi terakreditasi A/B dan Reward Prestasi bagi Mahasiswa yang berhasil mendapat dan mempertahankan IPK tinggi (3,1)


 Deri Asta menghimbau kepada anak-anak Kota Sawahlunto agar tetap semangat dalam memperjuangkan pendidikan di Sawahlunto, karena pndidikan adalah tanggungjawab kita berasama.  (Z.Z)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!