Breaking News

November 18, 2020

Tradisi Malamang dan Bajamba Memperkuat Pendidikan Karakter di Padang pariaman

Babinsa Koramil 07 Pauh Kambar, Serda Erry Ikut bantu proses Malamang

FS.Padang Pariaman(SUMBAR)-Babinsa Koramil 07 / Pauh Kambar, Serda Erry bantu warga di daerah binaannya dalam prosesi Malamang di Korong Sungai Batuang Nagari Padang Kandang Pulau Air, Kabupaten Padang Pariaman pada, Rabu (18/11).


Salah seorang warga Lastri mengatakan, Kegiatan malamang (memasak ketan dalam bambu dengan cara dibakar) dan Bajamba memang sangat efektif dalam membangun kekompakan para masyarakat.


"Sebab  kegiatan itu tidak bakal berjalan tanpa kekompakan. Budaya Malamang dan Bajamba membangkitkan budaya masyarakat Padang Pariaman yang telah lama secara turun temurun," ulasnya.


Ia mengatakan kegiatan Malamang dan Bajamba merupakan tradisi budaya warga Padang Pariaman yang biasanya dilakukan pada acara yang diselenggarakan warga setempat.


"Malamang dan bajamba tersebut penting dipertahankan sehingga tradisi tersebut dapat dirasakan oleh generasi selanjutnya," ujar dia


Kegiatan ini juga dapat mempertahankan tradisi, makanan tradisional, serta menciptakan karakter positif kepada masyarakat, sebab  kegiatan tersebut meminta kebersamaan dan kekompakan masyarakat.


"Kalau tidak kompak maka hasilnya tidak akan bagus dan kami tidak menyentuh sedikitpun dana nagari, karena kegiatan ini memang keinginan bersama masyarakat. Terlebih pelaksanaannya bertepatan dengan Maulid Nabi ujar ibuk sulastri," lugas Lastri


Malamang merupakan kegiatan membuat salah satu makanan tradisional yang disebut lamang atau lemang dan biasanya dibuat secara bersama-sama.


Sedangkan bajamba adalah tradisi makan yang dilakukan oleh orang Minangkabau dengan cara duduk bersama-sama  dalam suatu ruangan atau tempat yang telah ditentukan.


Sementara itu, wali nagari Padang Kandang pulau air, Danil mengatakan pihaknya terinspirasi mengadakan Malamang karena kondisi sosial  dan budaya masyarakat di Padang Pariaman yang mendukung terlebih adanya Maulid Nabi Muhammad yang identik dengan Malamang.


"Malamang itu setiap tahun diadakan, masyarakat  mengatakan kegiatan tersebut bermanfaat, karena itu orang tua dan generasi muda mendukung pelaksanaannya sehingga masyarakat  secara kompak membuat lamang dan jamba," pungkasnya(war)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!