Breaking News

Connect With us

November 15, 2020

Wako Deri Asta, SH : Program Pemerintah Desa Hendaknya Disingkronkan Dengan Program Pemko, untuk Tahun 2021 Prioritaskan Recovery Ekonomi


FS.Sawahlunto(SUMBAR)-Ditengah wabah Pandemi Covid-19 yang hingga saat ini belum berakhir, Pemerintah baik pusat maupun Daerah terus berupaya melakukan pemulihan ekonomi yang terdampak pandemi Covid-19. Pemerintah Pusat telah mencanangkan Program Recovery Ekonomi untuk tahun 2021 mendatag, sehingga program Pemerintah Pusat sampai ke Daerah baik Provins, Kabupaten/Kota sampai ke Desa/Nagari diproiritaskan untuk melakukan perbaikan sektor ekonomi masyarakat.


Hal tersebut disampaikan Walikota Sawahlunto Deri Asta,SH pada saat menghadiri peringatan Maulid Nabi Besar  Muhammad SAW di Desa Bukik Gadang, Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto. Humas Kota Sawahlunto dalam rilisnya hari ini menyebutkan bahwa kunjungan Walikota Deri Asta tersebut dilakukan Jum’at malam, 13 November 2020 kemaren.


Hadir dalam acara peringatan Maulid Nabi tersebut Kepala Badan Keuangan Afridarman, Kepala Dinas Pendidikan Asril, Kapala Dinas PU Eva Riansyah , Kabag Humas Wiza Andrita, Kepala Desa, Tokoh Masyarakat dan undangan lainnya.


Disampaikan Walikota ‘’Sesuai dengan Program Pemerintah Pusat pada tahun 2021 mendatang yaitu Recovery Ekonomi, yaitu penataan kembali ekonomi yang sempat terpuruk akibat Covid-19 yaitu antara lain dengan program Ketahanan Pangan. Jadi kita harus menjaga ketahanan pangan, karena kita tidak bisa memastikan kapan Covid ini akan berakhir’’.


Deri Asta juga katakan sesuai Edaran Pemerintah di Bidang Ketahanan Pangan dapat dilakukan dengan mengisi lahan-lahan yang kosong untuk dijadikan lahan produktif yang digunakan untuk bercocok tanam/pertanian. 


‘’Jadi kita harus bisa semaksimal mungkin untuk memanfaatkan lahan-lahan kosong yang ada, kita sulap, kita jadikan lahan produktif pertanian. Untuk masalah bibit akan disediakan gratis dari Dinas Pertanian, jadi silahkan Bapak-bapak/Ibu-Ibu untuk melaporkan melalaui Pemerintah Desa ke Dinas yang nantinya akan ditindaklanjuti.Selain itu ada juga program peternakan, ternak kambing, silahkan nanti juga melapor ke Dinas, dan untuk Pemerintah Desa mohon dibantu dan difasilitasi untuk  mendukung Program Ketahanan Pangan ini’’ himbau Walikota Deri Asta.


Deri Asta juga menghimbau  agar Program Pemerintah Desa disesuaikan dengan Program Pemko yang diprioritaskan untuk Recovery Ekonomi.


‘’Diharapkan juga kepada Pemerintah Desa agar Program yang dilaksanakan disingkronkan dengan Program Kota, karena Dana yang diperoleh terbatas akibat adanya Covid ini. Jadi nantinya diharapkan dari Dana yang ada di Desa dapat membantu menutupi untuk melaksanakan dan mensukseskan Recovery Ekonomi ini’’ harapnya.


Deri Asta juga tak lupa mengingatkan agar masyarakat senantiasa tetap mematuhi protokol kesehatan, dengan tetap memakai masker saat ke luar rumah, menjaga jarak, mencuci tangan dan menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sesuai dengan himbauan dalam  Perda  Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). (Z.Z)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!