Breaking News

Connect With us

December 5, 2020

559 Lembar Surat Suara Rusak Pendistribusian Langsung ke Desa/Kelurahan

 Ketua KPUD Kota Pariaman, Aisyah saat ditemui diruang kerjanya pada Jum'at (4/12)

FS.Pariaman(SUMBAR)-Komisioner Pemilihan Umum (KPU) Pariaman saat pensortiran menemukan sebanyak 559 lembar surat suara yang rusak Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Sumbar.


Ketua KPUD Kota Pariaman, Aisyah saat ditemui di ruang kerjanya menyebutkan, Surat suara yang diterima pada 30 Nofember sebanyak 66.871 lembar, Sesuai dengan jumlah kebutuhan.


"Surat suara yang datang tersebut sudah mencukupi dan sudah ditambah 2,5% (untuk cadangan) dari DPT (Daftar Pemilih Tetap) sebanyak 65.159.


Namun lanjutnya, setelah disortir dan dilakukan pelipatan ditemukan kerusakan sebanyak 559 lembar. Surat suara yangbrusak.


"Jadi yang rusak ini sudah kita sampaikan pada KPU Profinsi untuk penggantian," ulasnya


Aisyah menyebutkan, ada beberapa katergori surat suara yang dikatakan rusak saat sortir, yang kebanyakan berwarna kuning.


"Kemudian digambar Paslon tidak ada namanya, ada juga karena robek dan mengkerut saat dilipat serta ada yang terputus garis wajah calon," ungkapnya


Ia mengatakan, tidak ada temuan rusak karena tercoblos, semuanya murni rusak karena kotor kena tinta dan ditemukan robek ketika akan melipat.


"Untuk pendistribusian surat suara Aisyah mengatakan, rencananya akan dilaksanakan pada 8 Desember pada pagi hari. "Langkah awal kita lakukan pendistribusian untuk Kecamatan, namun pendistribusiannya langsung ke Desa/Kel. dibantu 4 armada serentak semuanya," ungkap Aisyah.


Alasan, Aisyah tidak melalui PPK di Kec. sebab Kota Pariaman tidak ada daerah yang sulit dijangkau, makanya dari KPU langsung ke PPS dan KPPS Desa/Kel. Masing-masing.


"Dan ini sudah disampaikan dalam Rakor (Rapat Koordinasi) distribusi logistik bersama stake holder baik itu kepolisian, TNI, Bawaslu, Kesbangpol dan Pol. PP," tutupnya (war)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!