Breaking News

December 18, 2020

Ajang IGA 2020, Pemko Sawahlunto Kantongi Penghargaan ‘’Kota Sangat Inovatif’’


FS.Sawahlunto(SUMBAR)-Dalam kompetisi  Innovative Government Award (IGA)  Tahun 2020, Kota Sawahlunto  berhasil mengantongi  predikat ‘’Kota Sangat Inovatif’’ dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI) . Predikat ini diberikan Kemendagri karena  Pemerintah Kota (Pemko) Sawahlunto berhasil melakukan inovasi dalam mengelola Pemerintahan.


Humas Kota Sawahlunto dalam rilisnya hari ini menyebutkan, Penghargaan 'Kota Terinovatif' diterima  langsung oleh Walikota Sawahlunto Deri Asta dari Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri Muhammad Hudori atas nama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian hari ini,  Jum'at,  18 Desember 2020 di Jakarta.


Tidak heran jika Kota Sawahlunto di bawah duet Walikota Deri Asta, SH dan Wakil Walikota Zoirin Sayuti memperoleh predikat ini. Karena  bagi Pemko ‘’Inovasi’’ bukanlah istilah yang asing, tetapi merupakan kata-kata yang akrab dan menjadi cita-cita yang diperjuangkan Pemko Sawahlunto. Betapa tidak, kata inovasi langsung ada dalam visi Kota Sawahlunto, yakni ‘’Dengan kebersamaan kita wujudkan Sawahlunto sebagai kota wisata yang Kreatif, Inovatif, Unggul, Bermartabat, Berkeadilan dan Sejahtera’’. 


Muhammad Hudori  yang mewakili Mendagri Tito Karnavian  mengatakan  Innovative Government Award (IGA) merupakan penghargaan yang diberikan kepada Pemerintah Daerah sebagai apresiasi terhadap inovasi - inovasi yang telah dilakukan. 


"Ini turut menjadi sarana monitoring dari pemerintah pusat pada gerak inovasi di daerah - daerah," ujar Muhammad Hudori. 


Sementara  Walikota Sawahlunto Deri Asta mengucapkan syukur dan terima kasih atas penghargaan yang diberikan. Dikatakannya, dengan penghargaan yang diberikan oleh pemerintah pusat melalui Kemendagri telah menunjukkan bahwa Pemko Sawahlunto sudah berada di jalur yang benar dalam menciptakan inovasi dan kreasi pada pengelolaan pemerintahan.


"Kami berterimakasih kepada segenap jajaran stakeholder (pemangku kebijakan) dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang mana atas kinerjanya telah berperan membuat Sawahlunto memperoleh penghargaan ini. Kemudian, penghargaan ini adalah penghargaan untuk seluruh masyarakat Kota Sawahlunto" kata Walikota Deri Asta. 


Deri Asta juga katakan  hendaknya penghargaan yang didapat di penghujung tahun 2020 ini menjadi pemacu semangat untuk mempertahankan serta meningkatkan prestasi di tahun mendatang. Juga jangan sampai berpuas diri dengan penghargaan yang ada sekarang. 


"Kita juga ajak OPD - OPD agar lebih kreatif dan inovatif lagi. Terutama dalam penyusunan sampai pelaksanaan program yang inovatif tersebut dengan melibatkan semua pemangku kebijakan di Kota Sawahlunto," pungkas Walikota Deri Asta. (Z.Z)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!