Breaking News

Connect With us

December 3, 2020

Dukung Recovery Ekononi, Pemdes Kubang Tangah Gerakkan Masyarakat Tanam Pinang Batara


FS.Sawahlunto(SUMBAR)-Upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat terus dilakukan Pemerintah  Desa Kubang (Pemdes) Tangah, Kecamatan Lembah Segar, Kota Sawahlunto salah satunya melalui jalur Pertanian. Setelah beberapa waktu lalu Pemdes  Kubang Tangah juga menggalakkan penanaman komoditi Bawang Merah, kali ini Pinang Bintara yang menjadi komoditi yang  akan diusahakan Pemdes  Kubang Tangah.


Berasamaan dengan momen Peringatan HUT Kota Sawahlunto ke-(SUMBAR), Pemdes Kubang Tangah melakukan penanaman Pinang Batara di  tanah Desa di Dusun Polak Datar. Sebanyak 2000 Batang Pinang  Batara ditanan bersama-sama oleh masyarakat, Perangkat Desa, Karang Taruna BPD, KAN, PKK, Bhabinlkamtibmas, Babinsa, PKK  seta Kader Kubang Tangah. Pinang dengan masa  panen paling lama empat tahun ini dinilai memiliki nilai jual yang cukup bagus. Oleh Pemuda Desa Kubang Tangah tanaman Pinang Barata ini  juga diselingi dengan tanaman jahe.  


Acara yang dilaksanakan selesai Makan Bajamba ini digelar Selasa, 01 Desember 2020’’ Diharapkan nantinya pinang ini bisa menghasilkan dan merupakan salah satu pendapatan asli desa, sehingga tanah desa bisa bermanfaat untuk kemakmuran masyarakat desa’’jelas Rice Ricardo.


‘’Di tanah desa juga akan ditanam jahe oleh pemuda diantara tanaman pinang-pinang  tersebut, dengan  harapan selain pemasukan dan bisa menggugatkan persatuan pemuda juga sekalian perawatan pinang oleh pemuda yang bertanam jahe’’ tambahnya.


‘’Ini juga seiring program Pemerintah juga Pemko yang pernah disampaikan Pak Walikota yaitu tahun  2021mendatang Program Pemerintah akan difokuskan pada perbaikan ekonomi juga untuk menggiatkan ekonomi kerakyatan dalam masa-masa  pandemi ‘’tambah Hendri selalu Kasi Kesra Desa Kubang Tangah. (Z.Z.Dt.Malako)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!