Breaking News

December 8, 2020

Genius Umar, Buka Kegiatan FGD Tim Penyusunan SOP "Tabuik" Pasca Pandemi Covid-19

FGD SOP Budaya Tabuik Pasca Pandemi Covid-19


FS.Pariman(SUMBAR)-Pemerintah Kota Pariaman melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman mengadakan kegiatan “Focus Group Discussion (FGD) Tim Penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) "Tabuik" Pasca Pandemi Covid-19”, bertempat di Ruang Pertemuan Hotel Safari Inn Desa Taluak Kota Pariaman Selasa (8/12).


Kegiatan tersebut dibuka oleh Walikota Pariaman Genius Umar, didampingi oleh Kepala Disparbud Kota Pariaman Dwi Marhen Yono, dan peserta FGD yang terdiri dari Tuo Tabuik Subarang, Tuo Tabuik Pasa, Tokoh Masyarakat Kota Pariaman, Bundo Kanduang, Sekretaris LKAAM Kota Pariaman, dan OPD Terkait.


Genius Umar menyampaikan dalam sambutannya diacara tersebut, “Saat ini pariwisata menjadi salah satu trend yang berkembang cukup pesat di Kota Pariaman, dan dianggap sebagai industri yang cukup menjanjikan.


Hal tersebut dikarenakan pariwisata memiliki banyak manfaat bagi masyarakat juga daerah baik dari segi ekonomi, budaya, lingkungan, ilmu pengetahuan dan lain sebagainya”.


Salah satu event yang paling menjanjikan untuk meningkatkan ekonomi kreatif yang ada di Kota Pariaman adalah pesta budaya tabuik, yang digelar oleh anak nagari setiap tahunnya di bulan Muharram. Tapi karena pandemi covid-19 masih dalam posisi 3 M (Menjaga jarak, Mencuci tangan, dan Memakai masker) maka untuk tahun 2020 pesta budaya tabuik ini kita tiadakan.


"Bagaimana kedepannya untuk tahun 2021, apakah pesta budaya tabuik ini juga kita tiadakan ?, semua itu tergantung dari hasil diskusi yang dilakukan oleh para tuo tabuik, niniak mamak, bundo kanduang, dan Kepala Disparbud Kota Pariaman yang hadir pada hari ini, ujar Genius.


Lebih lanjut dikatakan Genius, Seandainya event tabuik tetap dibuat tahun depan tapi pandemi belum berakhir, lakukanlah kegiatan tersebut dengan menetapkan standar protokol kesehatan dan prosedur yang sesuai, karena sulit mencari di Indonesia ini ada satu event yang menyedot banyak perhatian orang, karena pesta budaya tabuik ini diundang atau tidak diundang mereka tetap akan datang, dan orang rantaupun jauh-jauh hari menjadwalkan pulang kampung untuk melihat pesta budaya tabuik ini.


“Dalam FGD ini saya minta tuo tabuik menyampaikan ide-ide mereka, seperti apa tahun depan tabuik ini digelar. Yang pasti protokol kesehatan harus tetap diperhatikan, dan kita sama-sama berdoa semoga tahun depan pandemi ini segera berakhir agar event yang menjadi kebanggaan masyarakat kota pariaman bisa digelar kembali”, tutup Genius Umar. (war)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!