Breaking News

Connect With us

December 30, 2020

Manfaatkan EF Mic 32, Dandim 0308/Pariman Tanam Bawang Merah

Dandim 0308 bersama anggota tanam perdana bawang merah dilahan pertanian milik TNI AD


FS.Pariaman(SUMBAR)-Dandim (Komandan Kodim) 0308/Pariaman, Letkol Czi Titan Jatmiko melakukan tanam perdana Bawang Merah di lahan milik TNI AD menggunakan Ef Mic (Efektif Mikro Organisme) 32 di Korong Olo Bangau Kecamatan Batang Anai, Padang Pariaman pada, Rabu (30/12).


Titan mengatakan, pengembangan uji coba EF Mic 32 di lahan pertanian milik TNI AD ini merupakan arahan dari Danrem 032 /Wirabraja Padang.


"Karena ide ini berawal dari Komandan Korem (Danrem) yang ingin mengembangkan pupuk non kimia. Akhirnya dari berbagai referensi maka kita namakanlah EF Mic 32 dan mencobanya di lahan seluas 1 Ha,"ujarnya.


EF Mic Sendiri merupakan cairan berwarna coklat yang difermentasi menggunakan sayuran dan buah busuk dengan komposisi utamanya adalah gula aren sebagai makanan micro organisme.


"EF Mic 32 merupakan inisiasi dari seorang anggota Koramil Batang Anai bernama Ermen yang merupakan alumni Fakultas pertanian unifersitas taman siswa padang,"ungkapnya.


Mayoritas bahan dasar dari EF Mic sendiri bersal dari sayur dan buah yang sudah busuk atau tidak di konsumsi lagi, sehingga ramah lingkungan.


"Bahkan Ef Mic ini dapat juga menghilangkan bau busuk pada kotoran ayam dengan cara dicampur kedalam kotoran itu ditambah sekam padi. Kemudian dibiarkan beberapa hari setelah itu dapat dijadikan pupuk tanaman organik,"ungkapnya.


Lanjut dia, hasilnya dari beberapa kali uji coba yang sudah di kerjakan, telah digunakan untuk tanaman cabe, timun, terong dan lainnya hasilnya cukup signifikan.


"Artinya dari sisi kualitas, dan bentuk buah serta panennyapun tepat waktu. Sekarang kita kembangkan lagi untuk bawang merah dan mudah-mudahan berhasil,"harapnya.


Program ini juga merupakan dalam rangka ketahanan pangan, sekaligus terobosan bagi masyarakat petani dalam menghadapi masa pandemi covid 19.


"Jadi dengan dikembangkannya EF Mic 32 ini dapat lebih membantu masyarakat terutama dibidang pertanian. kemudian untuk jangka panjangnya, setelah di uji coba dan hasilnya dirasa cukup efektif maka akan kita kembangkan untuk lahan pertanian secara menyeluruh,"pungkas Titan.


Lanjutnya, untuk terus dikembangkan, sekarang bahan EF Mic ini sedang di uji coba pada labor Unitas (Universitas Taman Siswa).


"Dan sedang kita jajaki pelaksanaannya mudah-mudahan bisa dimanfaatkan untuk masyarakat luas,"ujarnya.


Untuk kendala belum ada karena semua tenaga dan dana merupakan hasil swadaya dari Koramil Batang Anai.


"Mudah-mudahan bersama-sama dengan pemerintah dan instansi terkait, jika ada pengembangan bibit dari dinas pertanian untuk pertanian di lahan Korem ini. Mungkin kita akan bisa lebih baik lagi," pungkas Titan.war)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!