Breaking News

Connect With us

December 3, 2020

Meriahkan HUT Kota Sawahlunto, Pemdes Kubang Tangah Gelar Makan Bajamba


FS.Sawahlunto(SUMBAR)-‘’Makan Bajamba’’  atau juga disebut Makan Barapak adalah tradisi makan yang dilakukan oleh masyarakat Minangkabau dengan cara duduk bersama-sama di dalam suatu ruangan atau tempat yang telah ditentukan. Tradisi ini umumnya dilangsungkan pada hari-hari besar Agama Islam dan dalam berbagai Upacara Adat, Pesta Adat, dan Pertemuan Penting lainnya.


Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun  (HUT) Kota Sawahlunto yang ke-132 Pemerintah Desa Kubang Tangah, Kecamatan Lembah Segar menggelar acara ‘’Makan Bajamba’’. Makan Bajamba ini dilakukan selain sebagai ungkapan rasa syukur masyarakat Desa Kubang Tangah juga merupakan tradisi yang termasuk dalam adat budaya Minangkabau yang harus dijunjung tinggi.


Acara dihadiri oleh seluruh tokoh masyarakat Desa  Kubang Tangah, Badan Perwakilan Desa (BPD),Kerapatan Adat Nagari (KAN), LPM, Bhabinkamtibmas,Babinsa,Seluruh Perangkat Desa, PKK, Karang Taruna dan kader Desa Kubang Tangah. Menurut keterangan Kepala Desa Kubang Tangah yang dijumpai fokussumatera.com  Kamis, 03 Desember 2020 mengatakan   acara  ‘’Makan Bajamba’’ digelar  di aula kantor Desa Kubang Tangah, Selasa, 01 Desember 2020.


Rice Ricardo katakan acara ‘’Makan Bajamba ini merupakan tradisi adat budaya Minangkabau yang dilakukan masyarakat secara turun-temurun hingga saat ini’’.


‘’Biasanya  ‘’Makan Bajamba’’ ini dilakukan berbagai Upacara Adat, Pesta Adat, dan Pertemuan Penting lainnya. Pada Peringatan HUT Kota Sawahlunto yang ke-132 ini, meski di tengah situasi panemi kita tetap melaksanakan tradisi ini sebagai ungkapan rasa syukur, ekaligus untuk mempererat tali silaturahim da memupuk rasa persatuan dan kesatuan’’ jelas Rice.


Setelah ‘’Makan Bajamba’’ acara dilanjutkan dengan penanaman Pinang Biantara debanyak 2.000 batang di lahan milik Desa Kubang Tangah. (Z.Z.Dt.Malako)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!