Breaking News

December 20, 2020

Tingkatkan Kapasitas Usaha Pengolahan Jagung Kelompok Tani Aur Serumpun, THP Unand Gelar FGD


FS.Pasaman(SUMBAR)-Untuk membantu meningkatkan kapasitas kelompok tani Aur Serumpun Nagari Simpang, Kecamatan Simpang Alahan Mati (Simpati), Kabupaten Pasaman, Dosen Jurusan Teknologi Hasil Pertanian (THP) berkolaborasi dengan dosen dari jurusan Teknik Pertanian dan Biositem beserta dosen dari jurusan Kimia Universitas Andalas (Unand) yang difasilitasi oleh Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) LPPM Universitas Andalas menggelar Forum Group Discussion (FGD) beserta penandatangan Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) untuk membantu mitra untuk tumbuh kembang dengan reancana usaha pengolahan jagung serta produksi kompos untuk periode 2 sampai 3 tahun kedepan.


Kegiatan FGD dengan Kelompok Tani Aur Serumpun ini digelar di Restauran Sederhana Padang, Minggu (20/12/2020).


Dari kegiatan FGD yang telah dilakukan selama ini, baik yang dilakukan secara daring maupun diskusi langsung dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.


Diketahui, kelompok tani Aur Serumpun merupakan kelompok tani yang sudah cukup lama berkecimpung dalam pengelolaan komoditas jagung di Nagari Simpang, Kecamatan Simpati, Pasaman.


Kelompok Aur Serumpun diketuai oleh Masril, dimana kegiatan utama kelompok tani ini adalah membudidayakan tanaman jagung dan menjual biji jagung untuk bahan baku pakan ternak. 


"Saat ini biji jagung dijual ke daerah payakumbuh. Pada saat ini, proses pengeringan biji jagung hanya dilakukan secara manual, sehingga ada kalanya jagung tidak dapat dikeringkan secara sempurna. Untuk itu, perlu dikenalkan teknologi pengolahan jagung untuk mengantisipasi produk biji jagung yang tidak dapat dikeringkan secara sempurna," ujar Masril selaku ketua kelompok tani.


Selain itu, kata Masril, dengan tingginya produksi biji jagung, banyaknya limbah tongkol jagung juga semakin banyak dan dapat menggangu proses pengeringan karena lahan jadi terpakai untuk menampung limbah yang dihasilkan.


Saat ini, kelompok tani Aur Serumpun sangat mengharapkan transfer teknologi dan pendampingan terhadap permasalahan alternatif pengolahan biji jagung serta pengolahan limbah tongkol jagung yang jumlahnya sangat banyak.


Kelompok tani mengharapkan selain mengolah sendiri biji jagung yang selama ini langsung dijual ke daerah payakumbuh dan limbah tongkol jagung yang setiap pemanenan terus bertambah menjadi permasalahan yang sangat menggangu karena akan mengganggu lahan pengeringan yang sudah ada.


Selain itu saat ini, selain ditumpuk limbah tongkol jagung dibakar yang menjadi potensi pencemaran lingkungan.


Dari hasil diskusi, disepakatilah bahwa akan dikenalkan dan laksanakan program kerja sama berkelanjutan antara Masril sebagai ketua kelompok tani Aur Serumpun dengan dosen Unand yang dalam hal ini diwakili oleh tim PKM Unand yang terdiri dari Daimon Syukri, Nika Rahma Yanti, Emil Salim, Ismed, Cesar Welya Refdi, Wellyalina, Felga Zulfia Rasdiana dan Aisman  yang didukung oleh tim Pakar dari Jurusan THP Unand yang diketuai oleh Prof Dr Kesuma Sayuti MS. 


Dosen Unand akan memperkenalkan pengembangan usaha jagung dengan memproduksi jenis kerupuk jagung yang dikenal juga dengan istilah tortilla chips, beserta teknologi pengolahan kompos dari limbah tongkol jagung.


"Kecenderungan konsumen yang lebih menyukai produk makanan ringan yang praktis dan siap santap seperti tortila ini nampaknya memberikan harapan baru bahwa diversifikasi jagung menjadi tortila dapat diterima oleh masyarakat secara umum," ujar ketua tim PKM THP Unand, Daimon Syukri.


Selain itu, tambah Daimon, sudah diketahui secara umum bahwa pembuatan kompos merupakan salah satu jenis kegiatan yang dapat memberikan banyak keuntungan. Selain dapat mengurai sampah organik, produksi kompos selain dapat dijual, produk kompos dapat digunakan oleh petani itu sendiri untuk menunjang proses budidaya bahan baku yang mereka lakukan.


"Dengan adanya program kerjasama antara Unand dengan kelompok tani Aur Serumpun ini, maka akan dilakukan kegiatan rutin berupa pengenalan teknologi pengolahan hasil pertanian terhadap masyarakat di nagari Simpang secara berkala, dan program ini sudah direalisasikan mulai bulan Desember tahun ini sampai 3 tahun kedepan," tutup Daimon Syukri.(NN)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!