Breaking News

December 18, 2020

Wisusa UNP ke-121 akan Digelar secara Luring dan Daring pada 19 - 21 Desember 2020


FS.Padang(SUMBAR)-Prosesi upacara wisuda Universitas Negeri Padang (UNP) ke-121, akan digelar selama 3 hari yaitu tanggal 19 sampai tanggal 21 Desember 2020. Acara digelar secara luring dan daring di Auditorium UNP Kampus UNP Air Tawar Kota Padang, dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat. Peserta melewati tes Swab, dan juga telah mendapat izin dari Pemrov Sumatera Barat.


Jumlah wisudawan yang diwisuda periode ini sebanyak 2085 orang lulusan yang terdiri dari: Diploma 3 (254 orang), S1 dan D4 Kependidikan (1139 orang), S1 dan D4 Non Kependidikan (492 orang), Magister (169 orang) dan program Doktor (31 orang).

Pada wisuda UNP ke-121 ini, akan dilakukan orasi ilmiah secara virtual pada hari pertama dengan menghadirkan Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Indonesia, Kabinet Indonesia Maju, Budi Arie Setiadi, S.Sos, M.B.A. Selanjutnya Rektor UNP Prof Ganefri, Ph.D akan menyampaikan pidato wisuda dengan judul “Optimalisasi Kemitraan Perguruan Tinggi dengan Pemerintah, Dunia Usaha dan Industri” , karena mengingat begitu urgennya kemitraan tersebut maka UNP terus melakukan kerjasama dengan ketiga unsur tesebut melalui berbagai program.

Sampai Desember 2020 ini, UNP telah berhasil menjalin kerjasama melalui MoU dan MoA dengan 531 kerjasama dalam negeri dengan pemerintah, dunia usaha, dan dunia industri. Selanjutnya di tingkat Internasional telah membangun kemitraan dengan 81 Perguruan Tinggi, dunia usaha dan dunia industri, seperti program dual degree Fakultas Ekonomi UNP dengan Universitas Utara Malaysia dan riset internasional dengan beberapa universitas di antaranya dengan Chiba University dan Gifu University Japan, serta James Cook University Australia.
Di antara berbagai kerjasama tersebut telah membuahkan hasil dan mendapatkan perhargaan dari Pemerintah, salah satunya adalah keberhasilan Fakultas Pariwisata dan Perhotelan UNP, memperoleh penghargaan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia, berupa Apresiasi PT Terbaik dalam Pendampingan Desa Wisata Tahun 2020.

Selain itu, kemajuan kerjasama yang kita lakukan terutama dengan pemerintah Provinsi Sumantera Barat, adalah dipercayainya UNP untuk mengelola aset daerah seperti GOR Sumbar di Kabupaten Padang Pariaman, Museum PDRI di Koto Tinggi-Suliki Kabupaten Lima Puluh Kota. Di samping itu, melalui kerjasama dengan Kabupaten-Kota, UNP segera dan akan membuka Program Studi Di luar Kampus Utama (PSDKU) di Kota Payakumbuh, Kota Sawahlunto dan Kabupaten Pesisir Selatan. Kesemua wujud kerjasama tersebut, akan berimplikasi positif bagai pencapaian Indikator Utama Kinerja (IKU) UNP sebagai Perguruan Tinggi.

Di samping itu UNP, juga telah melakukan 76 kerjasama dengan dunia usaha dan dunia industri. Hasilnya adalah 126 Prototipe R & D, 10 judul protipe industri, 6 buah paten, 2 buah paten sederhana dan 4 judul produk inovasi. (ms/rls/hms)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!