Breaking News

January 22, 2021

Bupati Zuldafri Darma Resmikan Gedung Perpusda Tanah Datar


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Bupati Tanah Datar H.Zuldafri Darma, SH resmikan Gedung Perpustakaan Umum Daerah (Perpusda) Kabupaten Tanah Datar. Menurut keterangan dalam rilis Humas Tanah Datar hari ini peresmian dilaksanakan Kamis, 21 Januari 2020 kemaren.


Bupati Tanah Datar H. Zuldafri Darma menyampaikan terima kasih atas kesediaan kepala Perpustakaan Nasional atas perkenannya meresmikan gedung Perpustakaan Tanah Datar walau secara virtual. “Alhamdulillah, walau sempat 2 kali tertunda, akhirnya hari ini bisa kita laksanakan peresmian gedung ini oleh Bapak Kepala Perpustakaan Nasional, semoga ini menjadi awal yang baik bagi perpustakaan ini ke depannya,” sampainya.


Zuldafri mengungkapkan, minat baca masyarakat Tanah Datar saat ini cenderung meningkat. “Peningkatan masyarakat untuk membaca bisa dilihat dari kunjungan ke Perpustakaan Umum Daerah ini, dan juga terhadap kunjungan pojok baca yang ada di beberapa nagari di Tanah Datar. Tentu peningkatan sarana gedung yang representatif dan megah ini dapat semakin mendorong minat baca masyarakat ke depannya” ungkap Bupati.


Namun tentunya ke depan, tambah Bupati lagi, gedung megah tanpa mobiler yang mendukung dan koleksi buku yang cukup lengkap tentu akan terasa sia-sia. “Karena keterbatasan APBD Tanah Datar, tentu besar harapan kami, kepada Perpustakaan Nasional RI sekiranya ada bantuan yang bisa kami jemput, tentu akan kami lakukan agar semua kebutuhan dan keperluan di perpustakaan ini semakin lengkap dan menjadi lebih representatif dan nyaman melayani pemustaka yang memanfaatkan gedung kita ini,” tukas Zuldafri.


Sementara  Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tanah Datar Erizal Ramli menyampaikan, perpustakaan yang menelan biaya Rp.9,5 Milyar untuk pembangunan yang dimulai dari tahun 2017 lalu itu dilaksanakan karena bangunan perpustakaan sebelumnya sudah tidak representatif dan kurang layak lagi.


“Melihat animo masyarakat semakin meningkat terutama kaum pelajar untuk ke perpustakaan serta mendukung program pemerintah pusat dalam rangka pengembangan perpustakaan berbasis inklusi sosial yang diperlukan sarana dan prasarana, maka walaupun dengan keterbatasan dana dan semangat tinggi akhirnya di 2015 lalu kita canangkan untuk pembangunan dan baru bisa di mulai 2017 lalu” ujar Erizal Ramli.


Di akhir penyampaiannya Erizal menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh instansi terkait baik di Kabupaten, provinsi ataupun pemerintah pusat, sehingga pembangunan gedung perpustakaan umum daerah bisa berjalan baik. “Terima kasih atas dukungan kita semua, semoga perpustakaan ini dapat kita manfaatkan secara maksimal. Dan terima kasih juga kepada Perpustakaan Nasional RI atas dana DAKnya sebesar Rp.500 juta tahun ini serta bantuan mobilnya, semoga tahun-tahun ke depannya masih ada bantuan untuk kami,” pungkasnya.


Acara dikhiri dengan penandatangan prasasti peresmian gedung dan pemotongan pita oleh Bupati Tanah Datar  Zuldafri didampingi Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumbar dan Tanah Datar serta Forkopimda. (Z.Z)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!