Breaking News

January 23, 2021

Dasawisma Berlian 22 Nagari Paninjauan, Ukir Prestasi 3 Besar Tingkat Kabupaten Tanah Datar


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Dasawisma Berlian 22 Jorong Hilie, Nagari Paninjauan, Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar berhasil mengukir prestasi 3 besar Dasawisma Berprestasi tingkat Kabupaten Tanah Datar.

Tekait hal itu, rombongan tim penilai Dasawisma Berprestasi tingkat Kabupaten Tanah Datar yang dipimpin Wakil Ketua I TP PKK Ny. Sil Harfian Fikri melakukan penilaian sekaligus verifikasi lapangan terhadap kelompok Dasawisma Berlian 22.


Menurut keterangan Humas Tanah Datar dalam rilisnya hari ini, penilaian dan kunjungan verifikasi lapangan dilakukan Rabu, 20 Januari 2021. Kelompok yang diketuanya Yeni Kamzak terpilih menjadi salah satu kelompok Dasawisma Berprestasi di Kabupaten Tanah Datar setelah sebelumnya dilakukan penilaian administrasi secara virtual oleh tim Kabupaten dan telah dinyatakan lulus tiga besar kelompok Dasawisma pada tahun 2021 ini.


Ny. Sil Harfian Fikri menyampaikan bahwa administrasi kelompok merupakan kunci utama dalam penilaian, namun menurutnya dukungan dari semua unsur baik pemerintahan maupun masyarakat juga mempunyai nilai lebih dalam menentukan hasil dari penilaian itu sendiri.“Artinya, antara administrasi dan kondisi di lapangan harus seimbang karena kedua-duanya mempunya nilai tersendiri,” ujarnya.


Sementara Sekretaris TP PKK Tanah Datar Ny. Del Darfizal yang juga tergabung dalam tim mengatakan bahwa sejak tahun 2019 sampai sekarang penilaian dasawisma mengacu pada 10 kriteria dalam penilaian, di antaranya yang pertama adalah kelompok dasawisma yang dinilai harus berada dalam satu jorong dan semuanya akan ikut dinilai, selanjutnya ekspos yang disampaikan akan dibatasi waktunya dan ada item-item yang ditentukan untuk diekspos.


Selanjutnya kelompok dasawisma yang akan dinilai sudah harus berada pada klasifikasi maju, artinya kelompoknya sudah terbentuk, pengelolaan administrasinya  sudah terisi dengan baik dan sempurna, sudah memiliki profil kelompok, sudah melaksanakan 10 program PKK secara rutin dan telah memiliki buku catatan kegiatan serta sudah ada kegiatan pemanfaatan lahan pekarangan dengan hatinya PKK di tiap pekarangan rumah anggotanya dan sudah memiliki kebun kelompok dasawisma di masing-masing rumah dalam satu jorong yang dinilai.


Di lain pihak, wali nagari Paninjauan I.C. Dt. Batuah Nan Kuniang mengharapkan dengan adanya penilaian ini bisa menjadikan nagari Paninjauan semakin maju damai segala sisi baik pemerintahan maupun pembangunannya.


Camat X Koto Khairunnas Y menyampaikan dukungannya terhadap penilaian dasawisma. “Pemerintah kecamatan mendukung pelaksanaan kegiatan ini, kami juga mengapresiasi keaktifan dan semangat kader PKK Nagari Paninjauan di setiap kegiatan, salah satu buktinya antusias berbagai unsur organisasi wanita menyambut perlombaan ini,” ucapnya.


Turut hadir Ketua TP PKK Kecamatan Ny. Suci Khairunnas, dan Ketua BPRN Nagari Paninjauan. (Z.Z)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!