Breaking News

Connect With us

January 14, 2021

Sisa Masa Jabatan 2016-2021, Plt Bupati H. Zuldafri Darma, SH Dilantik jadi Bupati Tanah Datar


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Plt. Bupati Tanah Datar H. Zuldafri Darma, SH dilantik sebagai Bupati Tanah Datar di akhir masa jabatannya 2016-2021. Pelantikan ini  dilaksanakan dalam rangka menindaklanjuti keluarnya Keputusan Menteri Dalam Negeri (Kepmendagri)  Nomor 131.13.4758 tahun 2020 tanggal 28 Desember 2020 tentang Pengesahan Pengangkatan Bupati dan Pengesahan Pemberhentian Wakil Bupati Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat.


Zuldafri Darma dilantik langsung oleh Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno atas nama Presiden Republik Indonesia Joko Widodo  di Auditorium Gubernuran, Rabu, 13 Januari 2021 kemaren. 


Dalam sambutannya Gubernur Sumatera Barat  Irwan Prayitno mengatakan dalam bahwa  pelantikan ini harus dilaksanakan agar Kabupaten Tanah Datar memiliki Bupati defenitif. Sebagaimana diketahui, Bupati Tanah Datar sebelumnya H. Irdinansyah Tarmizi  meninggal dunia pada 19 September 2020 lalu, sehingga secara otomasis Kabupaten Tanah Datar tidak memiliki Bupati definitif. Setelah itu pucuk pimpinan dipegang oleh Wakil Bupati Zuldafri Darma sebagai Pelaksana Tugas (Plt). Namun karena Wabup ikut mencalonkan diri dalam kancah Pilkada 2020, maka beliau mengajukan cuti sesuai aturan yang berlaku.










Selanjutnya Pimpinan Daerah dipegang oleh H. Erman Rahman yang merupakan pejabat Eleson II dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat. Setelah masa cuti Zuldafri berakhir dan Piklada 2020 usai, Zuldafri kembali menjabat sebagai Plt. Bupati Tanah Datar hingga saat ini yang akhirnya dilantik sebagai Bupati Tanah Datar di sisa masa jabatannya.

 

Gubernur juga menyampaikan terima kasih atas pengabdian Alhamarhum Bupati Irdinansyah Tarmizi untuk Kabupaten Tanah Datar selama ini. Bersama Wabup Zuldafri Darma kepemimpinan  Almarhun Irdinansyah yang dikenal dengan Duet ‘’Irama (Irdinansyah Tarmizi-Zuldafri Darma)  ini telah banyak menuai dan mengukir banyak prestasi.Di era kepemimpinan Irama ini juga di Tanah Datar digalakkan program ‘’Kabupaten Tahfizh’’ salah satunya dengan menggelar ‘’Wakaf  1.000 Tahfizh’’ yang masih berlangsung hingga saat ini dan telah memasuki tahun ke 5.


 "Semoga pengabdian almarhum dicatat sebagai amal ibadah di sisi-Nya" ungkap Irwan Prayitno.


Dikatakanya, masa bakti Bupati Zuldafri Darma, tidak lama hingga 17 Februari 2021. Setelah itu, aka nada pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih hasil Pilkada 9 Desember 2020 lalu. Namun, waktu satu bulan kurang lebih bukan halangan, tugas dan tanggung jawab Bupati Tanah Datar harus tetap dijalankan dengan sebaik-baiknya.

 



"Panjang atau pendek masa jabatan tidak terlalu penting, walau hanya menjabat lebih kurang satu bulan namun tetap tercatat dalam sejarah. Jabatan yang diemban merupakan amanah yang harus dijalankan sebaik mungkin," pesannya. 


"Program-program dan kegiatan yang telah direncanakan harus dimulai untuk dijalankan di masa bakti Bupati ini, untuk pergerakan pemerintahan dan geliat perekonomian di Tanah Datar. Selain itu, yang paling penting, Bupati Tanah Datar harus dapat merajut kembali jalinan silaturahmi yang terkoyak semasa Pilkada, sebagai kekuatan bagi pembangunan Kabupaten Tanah Datar ke depan," ujarnya lagi.


Pada kesempatan itu, Gubernur  Irwan Prayitno juga tidak lupa mengingatkan Bupati untuk menjalin koordinasi dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Tanah Datar, dalam menjalankan tugas, serta merangkul ASN sebagai ujung tombak pemerintahan. Selain itu,ada hal-hal kebijakan yang belum dapat dilakukan oleh Bupati seperti melakukan perubahan perangkat daerah, pemberhentian dan pengangkatan pejabat struktural, tanpa persetujuan Mendagri, meskipun memang, banyak jabatan struktural yang kosong.


Sementara Bupati Zuldafri Darma usai pelantikan menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada Gubernur Sumatera Barat dan seluruh pihak yang ikut membantu pelaksanaan kegiatan pelantikan. Zuldafri juga  memohon dukungan  dan do’a dari segenap pihak, agar di sisa waktu masa jabatan sebagi Bupati ini dapat melakukan pengabdian terbaik dan sumbangan yang berarti untuk  masyarakat dan Kabupaten Tanah Datar. 



"Pada sisa periode jabatan ini, yang akan dilaksanakan menindaklanjuti yang disampaikan Gubernur, mempercerpat melakukan serapan kegiatan pembangunan."ungkap Zuldafri.


Terkait dukungan dengan Bupati dan Wakil Bupati terpilih nanti, Bupati Zuldafri Darma mengatakan tentu akan mendukung penuh, melakukan konsolidasi dan koordinasi untuk kemajuan masyarakat dan Kabupaten Tanah Datar lebih baik lagi kedepannya.


Selain melantik  Bupati Zuldafri Darma, pada kesempatan tersebut juga dilakukan pelantikan Ny. Retri Zuldafri Darma sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tanah Datar dan Ketua Dekranasda sisa masa bakti 2016-2021 yang dilantik langsung oleh Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Sumatera Barat Ny. Wartawati Nasul Abit.


Hadir dalam acara pelantikan,  Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit;  Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat;  Bupati dan Walikota se-Sumbar;  Bapak Erman Rahman yang pernah menjabat Pjs. Bupati Tanah Datar;  Forkompinda Provinsi Sumatera Barat;  Forkompinda Kabupaten Tanah Datar dan Padang Panjang;  jajaran Pemerintah Kabupaten Tanah Datar; keluarga dan tokoh masyarakat Tanah Datar serta undangan lainnya. 

(Z.Z.Dt.Malako/Adv)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!