Breaking News

January 20, 2021

Membaur dengan Petani, Walikota Deri Asta Lakukan Panen Bawang Merah di Desa Kolok Mudiak, Sawahlunto


FS.Sawahlunto(SUMBAR)-Walikota Sawahlunto Deri Asta,SH turun langsung membaur dengan Petani melakukan Panen Perdana Bawang Merah yang dilakukan oleh Kelompok Tani (Keltan) Jaya Makmur di Desa Kolok Mudiak,Kecamatan Barangin, Kota Sawahlunto.

Desa Kolok Mudiak merupakan Desa yang ke 2 yang melakukan Panen Perdana Bawang Merah setelah sebelumnya dilakukan oleh Desa Kubang Tangah, Kecamatan Lembah Segar.


Menurut keterangan Humas Pemko Sawahlunto dalam rilisnya hari ini Panen Perdana dilakuakn Selasa, 19 Januari 2021 kemaren.


Dari 1.000 M2 lahan yang digarap Keltan Jaya Makmur mendapat hasil panen kurang lebih 800 Kg.


Walikot Deri Asta yang didampingi  Sekretaris Daerah Dr.dr. Ambun Kadri, menyampaikan Pemerintah Kota Sawahlunto melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan berkomitmen untuk terus meningkatkan mutu pertanian masyarakat. Berbagai program dilaksanakan untuk mendukung komitmen itu, seperti pendampingan dan pelatihan pada petani, bantuan bibit dan lainnya.


"Untuk varietas Bawang Merah di Sawahlunto ini telah kita evaluasi itu ternyata memang cocok di wilayah ini. Sebelumnya di Desa Kubang Tangah juga sudah berhasil, sudah 2 kelompok tani yang panen. Sekarang di Desa Kolok Mudiak Alhamdulillah juga cocok dan kita lihat hasilnya bagus kita panen saat ini.  Makanya ke depan kita maksimalkan dukungan agar masyarakat dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas pertanian bawang merah ini," sebut Walikota Deri Asta.


Deri Asta juga memuji dan berterimakasih pada semangat yang luar biasa dari para petani Bawang Merah itu, yang mana para petani tersebut tidak hanya dari kaum Bapak namun juga kaum ibu. 


"Terimakasih atas kekompakan Pemerintah Desa, kepada para penyuluh kita di Dinas kita berpesan agar terus optimal mendampingi dan membina para petani kita. Rajinlah ke sawah, ladang dan kebun bersama petani. Bantu mereka jika ada kendala yang dihadapi. Transfer ilmu dan wawasan kita pada para petani, karena ilmu dan wawasan itulah yang menjadi bahan bakar untuk meningkatkan hasil panen nantinya," pungkas  Deri Asta. (.Z.Z)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!