Breaking News

Connect With us

January 22, 2021

Resmikan Puskesmas Talawi, Wako Deri Asta : Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Masyarakat Semegah Gedung Puskesmas Ini


FS.Sawahlunto(SUMBAR)-Meski dalam suasana pandemi Covid-19 dan sempat mengalami berbagai guncangan pada saat proses pembangunan, namun akhirnya Gedung Baru Puskesmas Talawi berhasil diresmikan dan siap membuka kembali pelayanan untuk masyarakat. Walikota Sawahlunto meminta Deri Asta, SH meminta Petugas Puskesmas  agar meningkatkan pelayanan semegah Gedung Puskesmas yang baru.


Hal tersebut disampaikannya pada saat meresmikan Gedung baru Puskesmas Talawi , Kamis 21 Januari 2021 kemaren,  didampingi Wakil Walikota  Zohirin Sayuti, SE dan  Setdako DR.dr. Ambun Kadri,MKM.


Deri Asta katakan Gedung Puskesmas Talawi yang dibangun dalam masa pandemi ini adalah pembangunan dengan nilai yang paling besar pada anggaran tahun 2020.


‘’Terima kasih kepada semua pihak, Steakholder juga pihak perusahaan dan juga tokoh-tokoh masyarakat yang telah membantu mensukseskan pembangunan Gedung Puskesmas, sehingga kita bisa memiliki gedung yang representatif. Meski dalam proses pembangunannya kita sempat ketar-ketir namun semua berjalan dengan baik dan selesai sesuai dengan kontrak kerja’’ ujar Deri Asta.


Deri Asta juga katakan bahwa pembangunan Puskesmas ini adalah  realisasi dari visi misi yang kelima kampanye yaitu ‘’Meningkatkan  Standar Kesehatan Masyarakat Kota Sawahlunto’’.’’ Dan inisudah kita laksanakan yaitu yang pertama sudah 96 % jaminan kesehatan BPJS yang preminya sudah kita bayarkan dari APBD.Kemudian yang kedua fasilitas kesehatan/gedung seperti yang kita lihat sekarang kita telah memiliki gedung yang representatif’’ tambahnya.


Menjawab pertanyaan dan kuinginan  masyarakat agar Puskesmas Talawi ditingkatkan statusnya menjadi Rumah Sakit  Deri Asta katakan bahwa Pemko sedang mengupayakan proses tersebut.


‘’Sebagaimana disampaikan Bapak Kadis tadi bahwa Puskesmaskita ini tingkat pelayanannya sudah cukup lusa mencapai 19.00 orang yang dilayani. Maka saat ini kita sedang proses untuk menambah satu lagi Puskesmas untuk membantu pelayanan ini, dan kita sedang Proses Puskesmas baru kita ini untuk menjadi Rumak Sakit Pratama/IPD nantinya. Itu sudah ada di angan-angan dan mimpi kita, dan mudah-mudahkan dapat segera kita wujudkan’’ harap Deri Asta.


Sementara sebelumnya Ketua KAN mewakili masyarakat Sawahlunto menyampaikan terima kasih kepada Pemko Sawahlunto beserta seluruh jajaran, OPD dan Dinas terkait yang telah mewujudkan pembangunan Puskesmas Talawi.


‘’Atas nama masyarakat  Sawahlunto khususnya Talawi kami bangga, dan berterima kasih kepada Pemko, Bapak Walikota beserta selutuh jajaran, karena di saat pandemi dimana anggaran banyak yang tersedot untuk penanganan Covid-19, tapi Pemko berhasil membuktikan dan bisa membangun dengan anggaran yang cukup besar.Dan kami sangat mengharapkan peningkatan pelayanan kesehatan yang lebih baik.Karena kata orang tua kita dulu pelayanan yang baik itu sudah separonya dari obat’’ ujarnya.


Ditambahkannya mewakili masyarakat dan juga Pihak Puskesmas berharap agar kedepannya Puskesmas Talawi ini bisa ditingkatkan stasusnya menjadi Rumah Sakit, tentunya dengan kualitas pelayanan dan prasarana penunjang yang lebih baik dan lebih lengkap.


Terakhir Beliau menyampaikan tentang Rumah Dinas Dokter/Perawat yang berada dibelakang Gedung, kiranya Pihak Pemko dapat membantu memerikan fasilitas yang lebih lengkap. (Z.Z.Dt.Malako)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!