Breaking News

January 16, 2021

Tim Penilai Lomba Kampung Tangguh Nusantara Kunjungi Desa BBS Sawahlunto


FS.Sawahlunto(SUMBAR)-Tim Penilai Lomba Kampung Tangguh Nusantara Tingkat Provinsi Sumatera Barat kunjungi Desa Balai Batu Sandaran (BBS), Kecamatan Berangin, Kota Sawahlunto.Kunjungan Tim Penilai ini adalah dalam rangka  verifikasi lapangan.

Menurut keterangan Humas Kota Sawahlunto dalam rilisnya hari ini, Tim penilai yang berkunjung untuk verifikasi  lapangan tersebut yakni dari Ditbinmas Polda Sumbar Kompol Nuraida dan Direktur Nagari Development Center (NDC) Universitas Andalas Eri Gas Eka Putra.Verifikasi lapangan dilakukan Jum’at, 15 Januari 2021 kemaren.


Kampung Tangguh Nusantara atau  (‘’Desa Tageh’’ istilah di Sumbar ) merupakan program sinergi TNI - Polri dengan Pemerintah Daerah (Pemda) dalam membentuk desa/nagari yang berdaya tahan tinggi dalam menghadapi berbagai efek dari pandemi Covid - 19. Unsur TNI - Polri mendukung dari sisi keamanan dan ketertiban, kemudian untuk sisi ekonomi, sosial dan lainnya berkolaborasi dengan Pemerintah Desa/Nagari dan juga Organisasi Perangkat Daerah (OPD).


Wakil Walikota Sawahlunto Zohirin Sayuti turut mendampingi Tim Penilai dalam melakukan verifikasi lapangan, yang juga didampingi Kapolres Sawahlunto AKBP. Junaidi Nur, Camat Barangin Subandi Kepala Desa BBS Nusyirwan serta perangkat Desa BBS.


Pada kesempatan itu Kompol Nuraida menjelaskan bahwa dari penilaian dari indikator keamanan dan ketertiban masyarakat, dilihat bagaimana sinergi antara personel TNI - Polri dengan masyarakat. Contohnya adalah dalam pembinaan di Pos Ronda dan kegiatan - kegiatan sistem keamanan lingkungan (Siskamling) lainnya.


Sementara dari indikator sosial ekonomi dan budaya, Eri Gas Eka Putra melihat  dari faktor unggulan yakni ketahanan pangan. 


Eri katakan ketahanan pangan menjadi  prioritas penilaian. Karena dari ketahanan pangan ini yang mendukung pada indikator lainnya.


‘’ Jika kebutuhan pangan tercukupi maka keamanan ketertiban, kegiatan sosial budaya dan lainnya tentu akan berjalan dengan baik," sebut Eri Gas Eka Putra.


Nusyirwan  selaku Kepala Desa BBS melaporkan bahwa beberapa lokasi yang diverifikasi tim penilai Desa Tageh itu antara lain ; Pos Ronda, Rumah Sehat (rumah isolasi bagi warga positif Covid - 19), peternakan ayam ras, pengrajin Songket Silungkang, Surau/tempat anak - anak belajar mengaji, kebun karet, pabrik penyulingan serai wangi dan kolam ikan. Dimana semua lokasi tersebut termasuk dalam indikator - indikator Desa Tageh.


"Di sini yang jadi unggulan adalah serai wangi, itu kita ada pabriknya, jadi langsung disuling jadi minyak yang mengandung banyak khasiat. Selain itu juga ada pertanian, perkebunan dan perikanan. Kita sinergi dengan program desa tangguh ini sehingga lebih terstruktur dan hasilnya bisa ditingkatkan lebih optimal" kata Nusyirwan.(Z.Z)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!