Breaking News

Connect With us

February 3, 2021

Pemkab Tanah Datar Canangkan Vaksinasi Massal Covid-19


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Mulai pencanangan Vaksinasi massal,  Pemerintah Kabupaten  (Pemkab) Tanah Datar menggelar kegiatan  Pencanangan dan Penyuntikan Perdana vaksin Covid-19. Vaksin ini perdana diberikan kepada beberapa pejabat di Tanah Datar. Menurut keterangan Humas Tanah Datar pencanangan dan penyuntikan vaksin ini dilaksanakan pada Selasa (2/2) di Puskesmas Lima Kaum 1.


Bupati Tanah Datar yang diwakili Sekda Irwandi dalam sambutannya mengatakan pandemi Covid-19 mengakibatkan terjadi penurunan produktifitas dan kualitas kesehatan masyarakat.


"Pandemi covid-19 ditetapkan sebagai bencana non alam semenjak ditemukan kasus pertama kalinya pada bulan Maret 2020 silam. Dalam rentang satu bulan , seluruh provinsi sudah melaporkan ada kasus ini di masing-masing daerahnya, termasuk Sumatera barat dan Tanah Datar" ucap Irwandi.


Di Indonesia per 1 Februari 2021, angka terkonfirmasi positif mencapai 1.078.314, sementara Sumatera Barat di angka 26.979 kasus serta Tanah Datar 1.133 kasus."Ini menjadi tantangan berat, baik secara global termasuk Tanah Datar untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat," sambungnya.


Irwandi katakan untuk penanganannya, intervensi tidak cukup di sisi penerapan protokol kesehatan, dibutuhkan upaya vaksinasi yang juga dilakukan di berbagai negara termasuk Indonesia. Vaksin ini dikembangkan dari berbagai flatform yaitu vaksin inaktivasi (inactive virus vaccines), vaksin virus yang dilemahkan (live attenuated), vaksin vector virus, vaksin asam nukleat, vaksin seperti virus (virus like vaccine), dan vaksin sub unit protein. 


"Vaksinasi Covid-19 bertujuan unuk mengurangi transmisi atau penularan Covid-19, menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat Covid-19, mencapai kekebalan kelompok di masyarakat (herd immunity) dan melindungi masyarakat dari Covid-19 agar tetap produktif secara sosial dan ekonomi. Kekebalan kelompok hanya dapat terbentuk apabila cakupan vaksinasi tinggi dan merata di seluruh wilayah," urainya.


Irwandi berharap pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bisa berjalan baik dan berkualitas dengan dukungan dan kerjasama seluruh stake holder agar masyarakat Indonesia umumnya dan masyarakat Kabupaten Tanah Datar khususnya terbebas dari penyakit Covid-19.


Pada kesempatan itu, penyuntikan vaksin Covid-19 kepada Forkompinda, pimpinan instansi vertikal dan kepala perangkat daerah. Dari hasil screening, yang memenuhi syarat Kapolres Tanah Datar AKBP Rokhmad Hari Purnomo perdana mendapat vaksinasi dilanjutkan Dandim 0307 Tanah Datar Letkol Inf. Wisyudha Utama, dari Pengadilan Negeri Tanah Datar Rani Suryani dan Kepala Kesbangpol Irwan.


Sementara, Sekretaris Daerah, Ketua DPRD Tanah Datar dan Kasi Intel Kejaksaan Negeri Tanah Datar Tatang batal menerima vaksin karena dinyatakan tidak bisa sebagai penerima karena kondisi kesehatan.


Di kesempatan tersebut Kapolres Tanah Datar AKBP  Rokhmad Hari Purnomo, Dandim 0307 Tanah Datar Letkol inf. Wisyudha Utama setelah observasi 30 menit langsung menerima sertifikat secara simbolis yang diserahkan oleh Sekretaris Daerah Tanah Datar Irwandi didampingi Forkopimda.


Acara juga dihadiri Kepala Dinas Kesehatan  Tanah Datar  dr. Yesrita Zedrianis (Z.Z)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!