Breaking News

Connect With us

February 1, 2021

Wako Deri Asta, SH Dampingi Sekdirjen Perkeretaapian Kemenhub Tinjau Jalur KA Sawahlunto-Muaro Kalaban


FS.Sawahlunto(SUMBAR) - Walikota (Wako)  Sawahlunto Deri Asta, SH mendampingi Sekretaris Dirjen (Sekdirjen) Perkereta Apian Kementerian Perhubungan, Zulma Efendi yang melakukan peninjauan lapangan sarana dan prasarana Kereta Api (KA) di Sawahlunto. Menurut keterangan dalam rilis Humas Sawahlunto hari ini, dalam kunjungannya pada Sabtu 30 Januari itu Zulma Efendi meninjau Stasiun KA  Kampung Teleng (sekaligus Museum KA Sawahlunto), jalur rel sampai ke Lubang Kalam dan Lokomotif Uap E 1060 'MAK ITAM'. 


Zulman berjanji akan mendukung dan mambantu Pemerintah Kota (Pemko) Sawahlunto untuk mengaktifkan kembali jalur Kereta Api (KA) Sawahlunto-Muaro Kalaban untuk jalur Kereta Wisata."Untuk mengaktifkan kembali jalur ini,  harus memenuhi aspek infrastruktur, stasiun dan sarana - sarana pendukung operasional kereta lainnya. Saat ini aspek tersebut sudah ada, namun dalam status rusak atau ada yang kurang item - nya sehingga wajib diperbaiki dan dilengkapi. Ini yang kita bahas lagi di Kementerian nanti, bagaimana kita bisa membantunya," sebut Zulma Efendi.


Deri Asta katakan ‘’memang untuk mengaktifkan kembali jalur rel kereta api dan mengoperasionalkan kembali Lokomotif Uap E 1060 'MAK ITAM' ini, Pemko Sawahlunto harus bersinergi dan meminta dukungan dari Kementerian dan lembaga terkait karena untuk kewenangan dan anggarannya memang terletak di sana’’. 


"Maka itu, kita berharap sangat besar pada kunjungan pak Zulma Efendi ini bisa memberikan laporan pada jajaran di Kemenhub bagaimana antusiasnya masyarakat menunggu MAK ITAM ini hidup kembali dan bagaimana gerakan yang telah kami lakukan di pemerintahan daerah untuk mengusahakan harapan itu," imbuhnya.


Turut mendamingi  Walikota Sawahlunto Deri Asta adalah Wakil Walikota Zohirin Sayuti dan Sekretaris Daerah Dr.dr. Ambun Kadri, MKM. (Z.Z)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!