Breaking News

Connect With us

March 30, 2021

Bupati Limapuluh Kota Lepas Karang Taruna Andaleh Untuk Penilaian 4 Pilar Berprestasi Tingkat Provinsi


FS.Limapuluh Kota(SUMBAR)-Sebagai duta Kabupaten Limapuluh Kota dalam penilaian 4 Pilar berprestasi yang terdiri dari Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), Karang Taruna dan Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS).


Karang Tatuna Nagari Andaleh akan berlaga dengan 19 Kabupaten/Kota se Provinsi Sumatra Barat, pada tanggal 6 dan 7 April 2021 mendatang dan melakukan kunjungan silaturahim serta temu ramah bersama Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, pada Selasa, (30/3/21), di Ruanggan Kerja Bupati Limapuluh Kota.


Selain dihadiri oleh Ketua Karang Taruna Nagari Andaleh, Rafi Chandra beserta pengurus, pertemuan tersebut juga didampingi oleh Ketua Karang Taruna Kabupaten Limapuluh Kota, Doni Ikhlas beserta beberapa pengurus Karang Taruna Kabupaten Limapuluh Kota.


Pada kesempatan itu, Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo mengatakan, dengan dilaksanakannya penilaian 4 Pilar berprestasi ini, akan timbul harapan yang besar terhadap pertumbuhan dan perkembangan pola kerjasama serta sinergi dari berbagai kekuatan komponen melalui ide, prakarsa dan kreativitas di masing-masing Nagari.


"Pesan saya, segera aktifkan kembali karang taruna yang mulai tidak aktif, supaya pemuda dan masyarakat terhindar dari hal hal negatif. Tetaplah selalu berorganisasi, utamakan dalam berorganisasi lebih banyak memberi dari pada menerima. Ini dapat diwujudkan dengan menjadi Pekerja Sosial Masyarakat, tenaga kerja sosial kecamatan (TKSK), serta mempunyai kepedulian untuk ikut bersama-sama mengatasi masalah-masalah sosial yang ada di masyarakat, " sebutnya.


Selanjutnya, Bupati yang dikenal dekat dengan masyarakat itu mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan Karang Taruna secara berkesinambungan ini tentu saja selaras dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota, yaitu Limapuluh Kota Madani, yang berlandaskan Adat Basandi Syarak Sayarak Basandi Kitabullah.


"Secara tidak langsung kegiatan Karang Taruna, telah bersentuhan langsung dengan program serta visi misi Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota Madani. Mudah mudahan dapat mengangkat sektor pariwisata dan ekonomi di Kabupaten Limapuluh Kota," tukasnya.


Sementara itu, Ketua Karang Taruna Kabupaten Limapuluh Kota, Doni Ikhalas, yang juga merupakan anggota DPRD Kabupaten Limapuluh Kota menyebutkan, sebagai Duta dari Kabupaten Limapuluh Kota yang akan berlaga di tingkat Provinsi, Karang Taruna Nagari Andalah akan menonjolkan Sanggar Seni Pusako Nagari, yang selama ini telah memberikan dampak ekonomi, sosial dan budaya pada masyarakat setempat.


"Dari segi ekonomi paling tidak disetiap iven dan pagelaran seni telah dapat membantu perekonomian anggotanya, disamping penghasilan yang diperoleh Karang Taruna Itu sendiri," ungkapnya.


Doni menuturkan, selama ini kegiatan karang taruna juga telah memberikan dampak positif bagi generasi Karang Taruna, seperi mengurangi tingkat kenakalan remaja, bahaya narkoba serta masalah kesenjangan sosial.


"Semula mereka yang biasanya suka berprilaku negatif, setelah masuk karang taruna biasanya mereka akan sibuk dengan kegiatan kegiatan positif, misalnya di Andaleh, ada destinasi wisata panjat tebing, dengan kegiatan mingguan atau bulan mereka juga akan aktif dan tampil disana," ujarnya. (EY)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!