Breaking News

Connect With us

March 5, 2021

Dandim 0308/Pariaman Panen Perdana Bawang Merah


FS.Padang Pariaman(SUMBAR)-Dandim (Komandan Kodim) 0308/Pariaman, Letkol Czi Titan Jatmiko melaksanakan panen perdana Bawang Merah bersama Kepala Dinas Pertanian Padang Pariaman, Yurisman di Korong Olo Bangau, Nagari Ketaping, Kecamatan Batang Anai pada, Jum'at (5/03).


Setelah 55 hari ditanam di lahan milik TNI AD-Kodim 0308/Pariaman, Bawang Merah yang merupakan hasil pertanian Koramil Batang Anai akhirnya dipanen untuk pertama kalinya.


Panen perdana ini diikuti juga oleh Ibu-Ibu pengurus Persit Cabang LXII Dim 0308/Pariaman bersama anggota TNI lainnya yang diikuti juga oleh penyuluh dinas pertanian Padang Pariaman.


"Alhamdulillah meskipun secara kuantitas hasil panen kita sedikit, namun kualitasnya cukup bagus. Dan kita juga sengaja mengundang Kadis Pertanian agar dapat juga menyaksikan hasil dari pertanian yang kita garap sendiri,"ujarnya.


Lanjutnya, tidak hanya Bawang Merah tapi ada juga cabe keriting, yang merupakan program ketahanan pangan oleh pemerintah dalam masa pandemi.


"Melalui komando atas kita mencoba budidaya bawang merah ini, kemudian waktu panennya lebih singkat dari pada bawang merah biasa. Karena bibitnya kita datangkan dari Demak dan pupuk organiknya Ef mik 32 merupakan hasil olahan dari anggota kita sendiri,"ujarnya.


Ia mengatakan, dimasa pandemi ini kegiatan pertanian yang digiatkan oleh Dandim 0308 mudah-mudahan bisa menginspirasi masyarakat.


Selain itu, lanjutnya pemanfaatan pupuk organik tersebut untuk lahan pertanian dapat juga dikembangkan oleh masyarakat. Karena bahan-bahannya sangat mudah didapatkan seperti sayuran dan buah yang sudah busuk.


Sementara itu Kadis Pertanian Yurisman mengatakan, sangat antusias sekali melihat hasil panen bawang merah para prajurit TNI-AD 0308.


"Terus terang saja, hasil panen bawang merah di kebun anggota Koramil ini, lebih besar dari bawang merah pada umumnya,"ujar Yurisman.


Selanjutnya, pihaknya akan mecoba memberikan penyuluhan kepada kelompok tani bawang merah. Untuk mencoba pola tanam dan pupuk yang digunakan anggota Kodim 0308 itu.


"Sangat tepat sekali kita lakukan pengembangan bawang merah ini, walupun Padang Pariaman bukan centra bawang merah. Akan tetapi petani-petani kita banyak yang menanam bawang,"ungkap Yurisman.


Ia mengatakan, akan membawa petani Bawang Merah bersama PPL ke lahan pertanian milik anggota Dandim 0308/Pariaman untuk berlatih meningkatkan kemampuan mereka.


"Meskipun secara tekhnis penanaman sama, namun dengan adanya pupuk organik terbaru Ef Mic 32 ini, dapat juga menambah ilmu mereka,"pungkas Yurisman.(war)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!