Breaking News

Connect With us

March 14, 2021

Mengapa Remaja Harus Produktif ?


Oleh: Yasmin Azzahra

(Member Sekolah Srikandi, Siswi XI SMAN 63 Jakarta-Selatan)


Fokussumatera.com-Berbicara tentang produktif, kita harus memahami dulu arti kata produktif. Produktif itu adalah suatu kegiatan yang menghasilkan sesuatu yang menguntungkan atau bermanfaat bagi dirinya atau kegiatan yang di penuhi dengan hal-hal yang bermanfaat. Nah, untuk kita para remaja, harus mulai menjadi pribadi yang produktif


*Mengapa Remaja Harus Produktif?*


1. Remaja harus produktif dalam kegiatan positif agar terhindar dari kegiatan negatif.


2. Karena masa remaja merupakan masa dimana keinginan sedang bergejolak, pada masa ini suasana hati bisa berubah dengan sangat cepat. 


Dari penjelasan produktif, memiliki sifat dimana kita *mampu menghasilkan*


Namun Ironisnya, kebanyakan siswa/i  bahkan mahasiswa, sering menghabiskan waktu luangnya untuk melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat, hal itu hanya menjadi kesenangan sementara mereka saja, dengan alasan sedang mencari jati diri. Bahkan ada yang sampai terjerumus ke hal-hal yang tidak baik. Tanpa disadari, masa masa tersebut adalah masa dimana energi kita masih full, pikiran masih fresh, dan banyak waktu luang,  bagaimana cara mengatasi itu semua?


Disini saya mendapat penjelasan langsung dari *Bunda Hawilawati (Founder Sekolah Srikandi)* :

"Ya betul sekali ya, banyak  kalangan pelajar dan mahasiswa yang sangat sibuk siang malam,  melebihi aktivitas orangtuanya, tapi ternyata banyak  melakukan aktivitas yang unfaedah.

Karenanya, sangat  perlu mengevaluasi segala aktivitas yang dilakukan,  kitapun harus punya sahabat atau komunitas kreatif dan taat yang banyak melakukan kegiatan positif dan  mengingat dalam kebaikan. Yang dapat saling memotivasi di saat kita futur (lemah/malas untuk ikut kajian), mengingatkan tatkala kita khilaf, memberi pemahaman yang benar, tatkala kita belum memahami".


*Lalu bagaimanakah sikap kita seharusnya agar apa yang kita lakukan tidak bernilai sia-sia?*


Hawilawati-pun menjelaskan, kita harus awali dengan analisa sebuah perbuatan. Contohnya seperti saya  mengikuti kajian Srikandi. Apa manfaat atau keuntungannya? Maa syaa Allah ternyata saya merasakan bahwa komunitas ini sangat banyak manfaatnya, banyak sahabat sholihah yang sering mengingatkan kebaikan untuk diri kita, selalu memotivasi kita dan memulai kreativitas baru nan positif yang sebelumnya belum pernah dilakukan.


Perlu diketahui juga, bahwa produktif bukan berarti kita harus terus bekerja tak henti-hentinya, kita juga harus menyeimbangkan dimana kita harus bekerja dan rileks.


*Produktif Menurut Islam*


Sebagaimana yang tertera dalam hadist: “ Sesungguhnya Allah telah menciptakan tanganmu untuk bekerja. Jika kamu tidak mendapati suatu pekerjaan untuk urusan ketaatan, maka ia akan mencari beberapa pekerjaan untuk urusan maksiat.”


Dari hadist diatas, dapat kita ambil hikmah yaitu jika tangan yang diciptakan oleh Allah kita manfaatkan dalam hal kebaikan maka kita akan mendapatkan jalan yang baik.


Namun sebaliknya, jika kita menyia-nyiakan pemberian Allah tersebut maka sangat dekat dirinya dengan kemaksiatan.


Tentu kita semua tidak ingin menjadi hamba yang terjerumus dalam hal kemaksiatan bukan?.

Jadi selagi masih ada waktu untuk memperbaiki diri, marilah kita menjadi muslim yang produktif dari sekarang. Dengan cara :


1. Mencari pengetahuan yang banyak (karena dalam hal apapun, kita dituntut untuk terus belajar belajar dan belajar)


2. Tawakal pada Allah Swt. (sambil kita berusaha untuk meningkatkan kualitas hidup kita, hendaknya kita juga selalu bertawakal kepada Allah atas segala hal yang telah Allah berikan)


lakukan segala sesuatu atas dasar Allah, maka hidup kita akan jauh lebih tenang meskipun mungkin hasil yang didapatkan tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan.


Mungkin dengan cara yang sedemikian, kita bisa menjadi seorang muslim yang lebih produktif, artinya adalah muslim yang bisa bermanfaat bagi orang lain baik di dunia maupun di akhirat.


Semoga kita bisa menjadi remaja islam yang  produktif dan bisa mengamalkannya dalam kehidupan. Aamiin

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!