Breaking News

March 4, 2021

Menuju Transformasi Akreditasi Nasional ke Akreditasi Internasional, IAIN Batusangkar Gelar "Diskusi Bersama" dengan UIN SUKA Yokyakarta


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Instustut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar semakin giat dalam mengupayakan peningkatan mutu pendidikan dan pengajaran di Kampus IAIN Batusangkar.


Kali ini IAIN Batusangkar tengah mempersiapkan untuk menuju Transformasi Akreditasi Nasional ke arah Akreditasi Internasional.


IAIN Batusangkar Gelar "Diskusi Bersama" dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga (SUKA) Yokyakarta.


Kepala Lembaga Penjamin Mutu (LPM) UIN SUKA beserta rombongan pun mengunjungi IAIN Batusangkar, Rabu, 03 Februari 2021 tadi.


UIN SUKA merangkul IAIN Batusangkar karena merasa sama-sama satu payung yaitu si bawah naungan Kementerian Agama (Kemenag) RI.


Selain itu juga karena pengelolaan Program Studi (Prodi)/Jurusan si IAIN Batusangkar sudah baik ditambah dengan IAIN Batusangkar sebagai Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) dengan Raihan Akreditasi Prodi/Jurusan A terbanyak dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).


"Untuk itu IAIN Batusangkar sudah patut menyiapkan Akreditasi unggul "Transformasi Akreditasi Internasional" ucap Ketua LPM UIN SUKA, Dr.M.Fakhri Husein, SE, M.Si.


Untuk diketahui saat ini sudah 7 Prodi di IAIN Batusangkar yang mengantongi Akreditasi A  dari BAN PT.


"IAIN Batusangkar juga sudah memiliki 2 orang Tim Asesor BAN PT" jelas Dr.M.Fakhri Husein di hadapan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga Dr.Ridwal Trisoni, M.Pd; Dekan; Direktur; Wakil Dekan; Kepala Pusat; Ketua Lembaga; Ketua Jurusan dan Prodi.


Dalam kunjungannya itu UIN SUKA membawa 20 Ketua Prodi yang akan bisa berdiskusi dan saling berbagi dalam menghadapi Akreditasi Internasional.


"Kita berharap dengan Transformasi Akreditasi menuju Akreditasi Internasional ini kedepannya mampu memberikan terobosan baru dalam dunia pendidikan, juga mampu mewujudkan program Merdeka Belajar/Era Kampus Merdeka" tutup Fakhri.


Sementara dalam sambutannya, Rektor IAIN Batusangkar yang diwakili Wakil Rektor Ridwal Trisoni, mengucapkan terima kasih atas kunjungan UIN SUKA yang juga telah berkenan merangkul IAIN Batusangkar menghadapi Akreditasi baik Nasional maupaun akan disiapkan menuju tingkat Internasional.


"Dukungan yang selama ini diberikan oleh UIN SUKA kepada IAIN Batusangkar terutama dalam bidang Akreditasi sangat membantu Tim Akreditasi kami menghadapi Asesor BAN PT.Dan Alhamdulillah kita bisa dapatkan 7 Akreditasi A dan 17 B dari 34 Prodi/Jurusan yang ada baik S1 maupaun S2" tutup Ridwal.


Sementara Ketua LPM IAIN Batusangkar Dr.Ulya Astani, M.Hum mengatakan dengan kehadiran UIN SUKA dapat memotivasi IAIN Batusangkar,. mengingat IAIN Batusangkar sedang dalam transformasi menuju UIN Batusangkar.


"Serangkaian kegiatan kunjungan UIN SUKA ke IAIN Batusangkar sudah kita siapkan juga, adanya penandatanganan MoA yakni Jurusan PAI, PBA, MPI,PGMI dan Matematika pada Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.Sesangkan pada Fakultas Syariah yakni Jurusan Hukum Tata Negara (HTN) dan di Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) yakni Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam (PMI)" jelasnya.


"Kolaborasi antara Perguruan Tinggi ini sangat menentukan sikap Perguruan Tinggi terhadap lulusan dan kualitas yang dihasilkan, juga membantu Perguruan Tinggi melakukan Penjamin Mutu sebagai pertanggungjawaban terhadap publik" tutupnya.(Z.Z.Dt.Malako)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!