Breaking News

March 4, 2021

Pemko Pariaman Kerjasama dengan BI Sumbar dan Bank Nagari dalam Layanan QRIS


FS.Pariaman(SUMBAR)-Walikota Pariaman, Genius Umar membuka Rakor (Rapat Koordinasi) antara Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Barat, dengan Bank Nagari Pariaman dengan Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Kota Pariaman di ruang rapat walikota pada, Kamis (4/03).


Dalam acara “Rakor Bank Indonesia Provinsi Sumatera Barat Dengan Pemko Pariaman, merupakan dalam rangka Pembentukan dan Penandatanganan "SK TP2DD Dan Perluasan Implementasi QRIS”.


Dalam hal ini Walikota Pariaman Genius Umar juga melakukan penandatanganan Surat Keputusan (SK) Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) untuk Kota Pariaman.


Walikota Pariaman Genius Umar dalam sambutannya, bahwa untuk Kota Pariaman adalah daerah pertama di Provinsi Sumatera Barat yang menerapkan Sistem Transaksi Pembayaran melalui Layanan Scan Quick Response Indonesian Standar (QRIS).


Program pertama telah dilakukan di Pasar Kuraitaji, Los Lambuang Kuraitaji, Pedagang UMKM yang ada di Pantai Kata, Pantai Gandoriah, dan Talao Pauah, yang juga merupakan binaan dari Bank Nagari dan BI.


“Jadi transaksi elektronik ini memang jawaban yang harus kita lakukan, dalam rangka mengurangi transaksi yang menggunakan uang kertas, yang mana uang kertas tersebut juga terkadang mengandung virus. Intinya bagaimana uang yang ada diganti menjadi transaksi yang berbasis elektronik apalagi disaat pandemi covid-19 masih mewabah”, ujar Genius Umar.


Genius Umar menjelaskan, “Dari segi daerah, untuk pembayaran APBD kepada OPD terkait semuanya telah mulai menggunakan transaksi secara digitalisasi dengan pembayaran diatas Rp.1.500.000.- Sekarang disamping digitalisasi dari sektor pemerintah, dari sektor masyarakat, swasta, sampai ke sektor UMKM, kita akan targetkan di Kota Pariaman ini bisa mencapai  95% atau bahkan kalau bisa 100% menggunakan transaksi digitalisasi.


“Saya mau Kota Pariaman menjadi contoh Nasional untuk melakukan transaksi elektronik, dan kita lakukan revolusi secara cepat untuk melakukan perobahan ini,"ungkapnya.


Ia berharap bimbingan dari bapak Wahyu tentang bagaimana caranya melakukan hal seperti ini, agar transaksi elektronik bisa terwujud semuanya, sehingga kita bisa melakukan percepatan dalam melakukan perobahan dari transaksi manual ke transaksi digitalisasi”, pungkas Genius Umar. (war/mc)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!