Breaking News

Connect With us

March 14, 2021

Sudah Saatnya Remaja Produktif


Oleh : Zahra Andriyani

(Member Sekolah Srikandi, Alumni SMK Al-Mubarok Tangerang)


Fokussumatera.com-Kali ini kita akan membahas remaja yang produktif dan bagaimana sih cara menjadi remaja yang profuktif ? 


Masa remaja merupakan masa dimana keinginan sedang bergejolak, pada masa ini suasana hati bisa berubah dengan sangat cepat. 


Seorang remaja juga harus memiliki tujuan hidup yang terarah dan harus memiliki sikap tanggung jawab yang baik. Remaja yang diberi kesempatan untuk mempertangung jawabkan tindakan mereka, akan tumbuh menjadi orang dewasa yang lebih berhati hati, lebih percaya diri, dan mampu bertanggung jawab. Rasa percaya diri dan rasa bertanggung jawab yang sangat dibutuhkan sebagai dasar pembentukan jati diri positif pada remaja.


Pada masa remaja ini disebut juga masa mencari jati diri, pada masa ini banyak muncul ide-ide kreatif dan inovatif dari para remaja. Namun tidak sedikit pula remaja yang menghabiskan waktunya untuk kegiatan yang tidak bermanfaat, bahkan mungkin merugikan diri sendiri dan orang lain.


Maka dari itu kita harus menjadi remaja yang produktif, tapi apa sih remaja produktif itu? remaja yang produktif yaitu remaja yang memaksimalkan waktunya untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat.


Masa muda memang penuh kejutan dan godaan untuk berhura-hura dan bersenang-senang sebagai bentuk ekspresi diri dari jiwa muda yang menyala-nyala. Tidak terus melulu memikirkan bagaimana cara memperoleh kesenangan duniawi yang tidak ada habisnya, tapi kita sebagai anak muda harus juga memiliki kegiatan yang produktif untuk mendapatkan energi positif yang berkelanjutan. 


Selain itu terdapat juga alasan lain mengapa kita harus menjadi anak muda yang produktif.


1. Anak muda adalah kunci perubahan 

2. Harus menjadi generasi milenial yang melek akan teknologi dan bisa memanfaatkannya dengan sesuai 

3. Guna Mengasah skill eksistensi sebagai produsen

4. Tempat menuangkan ide-ide agar berkembang 

5. Agar memiliki pemikiran segar yang inovatif dan berguna bagi sekitar.


Ada 6 cara menjadi remaja produktif,  yakni:


1. Perbanyak baca buku/pengetahuan 

2. Jangan meremehkan diri sendiri/ insecure 

3. Fokus pada pendidikan 

4. Harus bisa berinteraksi dan cari teman yang tepat

5. Temukan passion diri 

6. Memiliki me time 


Menjadi seorang remaja yang produktif dan berprestasi pasti menjadi sebuah keinginan yang sangat di inginkan, dengan menjadi remaja yang berprestasi kita akan membanggakan kedua orang tua dan juga semua anggota keluarga.


Namun, mencoba berkomitmen mengubah diri menjadi seorang remaja yang berprestasi dan produktif tentunya tidak mudah dilakukan. Kita membutuhkan komitmen dan usaha keras agar mampu menjadi remaja yang produktif. Maka tetaplah fokus pada tujuan dan jangan menyia-nyiakan waktu.

Wallahu'alam bishowab.

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!