Breaking News

Connect With us

March 30, 2021

Warga Pasir Jambak Bersyukur Pembangunan Seawall BPBD Sumbar Sudah Tuntas


FS.Padang(SUMBAR)-Pengerjaan pembangunan penahan ombak (Seawall) di Pantai Pasir Jambak, Kota Padang terus dikebut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).


Progres pengerjaan proyek untuk penanggulangan abrasi pantai tanggap darurat pemasangan batu pemecah ombak atau batu grib (seawall) sepanjang 219 ini diperkirakan sudah 95 persen dan hampir rampung. Ditargetkan pengerjaan batu penahan abrasi pantai ini bisa selesai akhir Maret 2021 ini.

Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekontruksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar, Suryadi menjelaskan, pekerjaan seawall di kawasan pantai Pasir Jambak memang mengalami sedikit keterlambatan dibanding dua titik pekerjaan seawall di kawasan Tugu Merpati dan kawasan Masjid Al Hakim Pantai Padang.

"Memang pekerjaan pembangunan seawall di Pasir Jambak agak terlambat. Hal itu dikarenakan ada sedikit masalah dengan warga setempat dan Alhamdulillah, saat ini sudah selesai," kata Suryadi.

Diketahui, panjang pengerjaan batu pemecah ombak ini mencapai 219 meter. Kemudian, pantauan langsung lapangan, batu yang dipasang sudah sesuai dengan standar. Usaha percepatan penyelesaian pengerjaan terus dikebut hingga target rampung akhir Maret terealisasi.

Ditambahkan Suryadi, ada tiga titik pemasangan batu grib yakni di Tugu Merpati Pantai Padang dan di Masjid Al Hakim Pantai Padang serta Pantai Pasir Jambak.

Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekontruksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar, Suryadi


"Untuk pemasangan batu grp di Tugu Merpati sudah 100 persen. Sementara, di Masjid Al Hakim 80 persen pengerjaannya  sudah selesai," tegasnya.

Suryadi menyebutkan pemasangan batu grib di lokasi abrasi pantai di Kota Padang melalui kucuran dana Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Total anggaran keseluruhan, lanjutnya, mencapai Rp19 miliar.

Dengan pemasangan batu pemecah ombak di kawasan Pantai Pasir Jambak, Suryadi berharap resiko warga terhadap bencana abrasi pantai bisa diminimalisir. 

"Khusus di Pasir Jambak, abrasi pantai berdampak pada warga karena terdapat rumah penduduk. Dengan dipasangnya batu grib, akan efektif mengurangi resiko bencana," ujarnya.

Ia melanjutkan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah  (BPBD) Propinsi Sumatera Barat, tengah melakukan upaya penanggulangan bencana untuk daerah yang berada dipinggiran pantai di kota Padang Sumatera Barat, untuk mengatasi abrasi pantai yang kian mengancam.

Bencana abrasi pantai berdampak terhadap kerusakan bangunan Insfrastruktur yang dapat menimbulkan kerugian secara materil ataupun in-materil.

Selasa (26/1/2021) Suryadi menjelaskan, Pembuatan sea wall (dinding tembok) ini bertujuan untuk menanggulangi terjadi bencana abrasi pantai yang kian mengancam keberlangsungan hidup masyarakat pinggir pantai. 

" Penanggulangan bencana abrasi pantai berada pada 3 titik, yakni di kawasan Masjid Al-Hakim Pantai Padang-Kawasan Muaro, kawasan Wisata Pantai Purus serta kawasan Wisata Pantai Pasir Jambak," ujar Suryadi yang akrab di sapa Os menjelaskan.

Dengan selesainya dibangunan seawall ini, semoga nantinya dapat mengatasi masalah abrasi pantai pada masing-masing titik kawasan, sehingga kecemasan dan keindahan bibir pantai semakin aman dan nyaman untuk di pandang, pungkas Suryadi yang akrab disapa bg Os.

Ia melanjutkan, kami dari pihak BPBD akan terus melakukan Monitoring agar pekerjaan yang dilaksanakan oleh kontraktor dapat menghasilkan pekerjaan yang bermutu dan berkualitas, ujarnya.

"Hal ini dilakukan untuk memastikan kegiatan berjalan baik dan tanpa mengenyampingkan hasil kualitas dan mutu perkerjaan dan kita berharap agar pekerjaan ini dapat selesai sesuai dengan kontrak agar manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat baik dari ancaman abrasi yang kerap menghantui maupun dari segi kunjungan masyrakat, tutupnya.

Salah seorang warga Pasir Jambak, Nurmai (45) mengatakan, sangat bersyukur dan berterimakasih sekali kepada pihak BPBD Sumbar atas dilakukan pengerjaan pemasangan batu grib ini.

" Dengan dipasangnya batu grip sepanjang bibir pantai Pasir Jambak ini, membuat kami merasa aman tinggal disini. Sebab, selama ini jika cuaca tidak bersahabat kami sangat was-was akan ombak . Sehingga, sudah banyak rumah yang ambruk akibat terjangan ombak," ujarnya penuh semangat.(dan/hr)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!