Breaking News

April 2, 2021

Bupati Padang Pariaman Laksanakan Panen Perdana Komoditi Kacang Tanah


FS.Padang Pariaman(SUMBAR)-Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur laksanakan panen perdana komoditi Kacang Tanah (Arachis hypogaea L) di kelompok tani Maju Bersama Nagari Balah Aie Timur, Kecamatan VII koto pada, Kamis (1/03).


Ketua kelompok tani Maju Bersama, Syahrizal didampingi wakil ketua Anton Kunis mengatakan bahwasanya kelompok ini didirikan dengan menghimpun petani yang betul-betul serius dalam bertani.


"komoditi yang dibudidayakan adalah Kacang tanah dan Jagung dengan areal seluas 10 hektar yang tersebar di dua tempat berbeda,"ujarnya.


Lanjutnya, komoditi kacang tanah adalah tumbuhan yang mudah dibudidayakan tanpa diberi pupuk tapi setiap minggunya harus membersihkan tumbuhan hama disekitar pohonnya.


"Disamping mudah membudidayakannya, harga panen kacang tanah sangat bagus 12.000/kilo, dan mudah diolah serta banyak tempat pemasaran,"ungkapnya.


Sementara itu, Suhatri Bur menyampaikan sangat mengapresiasi kreatifitas pemuda yang giat melakukan  usaha pertanian.


"kita terus dorong kelompok tani yang giat dimasa pandemi ini, pemerintah juga memberikan bantuan bagi kelompok tani baik bibit maupun alat untuk menggarap lahan,"ucapnya.


Suhatri Bur mengatakan bahwasanya ia akan menggiatkan program peningkatan produksi pertanian dalam 100 hari masa awal kepemimpinannya.


"dimasa pandemi ini, ayo bersama kita galakkan menanam. Karena dengan menanam akan menjamin ketersediaan pangan di Padang Pariaman,sehingga geliat ekonomi tetap meningkat,"pungkasnya.


Dalam hal ini, Suhatri Bur juga memberikan bantuan bibit jagung dan lansung memberikan disposisi kepada Dinas pertanian untuk memberikan 1 unit handtractor kepada kelompok tani Maju Bersama  yang diserahkan bulan Juni 2021 ini.(war)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!