Breaking News

Connect With us

April 27, 2021

Menparekraf Sandiaga Uno Kunjungi Pemko Sawahlunto


FS.Sawahlunto(SUMBAR)-Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno melakukan kunjungan ke Pemerintah Kota (Pemko) Sawahlunto.


Kunjungan Menparekraf Sandiaga Uno ke Sawahlunto dalam rangkaian Kunjungan Kerja (Kunker) ke Provinsi Sumatera Barat bersama  Anggota Komisi VI DPR RI, Andre Rosiade. Kedatangan Menparekraf Sandiaga Uno ini sekaligus memenuhi undangan Walikota Sawahlunto yang ketika menemui Menparekraf di Jakarta minggu lalu mengajak 'bang Sandi' untuk datang ke Sawahlunto. 


Menurut keterangan Humas Pemko Sawahlunto dalam rilisnya hari ini, kujungan Menteri Sandiaga Uno pada Kamis malam 23 April 2021 hanya  berlangsung kurang lebih 3 jam. 


Dalam 3 jam itu, kegiatan yang dilaksanakan Menparekraf Sandiaga Uno di Sawahlunto adalah makan malam dan ramah tamah dengan Walikota Sawahlunto dan jajaran Forkopimda sekaligus mengunjungi Museum Goedang Ransoem, setelah itu mengunjungi Info Box dan Lubang Tambang Mbah Soero. 


Walikota Sawahlunto Deri Asta menyatakan kunjungan Menparekraf ini sangat berarti bagi Kota Sawahlunto. Ini menjadi momen strategis peningkatan sinergi Pemko Sawahlunto dengan Kemenparekraf. 


"Kunjungan pak Menparekraf Sandiaga Uno ini sangat kita nanti - nanti. Terimakasih pak Sandi, terimakasih pak Andre Rosiade. Kita memang butuh pak Sandi untuk datang langsung ke Sawahlunto agar melihat dan merasakan langsung seperti apa Sawahlunto itu. Sehingga pak Sandi mengetahui langsung kebijakan dan program seperti apa yang sesuai untuk membantu pariwisata Sawahlunto," kata Walikota Deri Asta.


Sementara Menteri Sandiaga Uno menyebutkan Kemenparekraf siap berperan aktif dalam mendukung peningkatan pembangunan dan pengelolaan pariwisata Kota Sawahlunto. Dukungan tersebut, kata Menparekraf Sandiaga bakal direalisasikan antara lain melalui Dana Alokasi Khusus (DAK), mendukung scale up pada event - event, peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) pengelola pariwisata, sampai strategi khusus dalam menjangkau wisatawan mancanegara untuk wisata kota tua/heritage.


"Beberapa proposal dari Sawahlunto saya terima langsung dari pak Walikota, saya bawa ke Jakarta dan akan langsung ditelaah untuk segera diproses oleh jajaran Kemenparekraf. Kita bersinergi, bahkan berperan aktif untuk mendukung pariwisata Sawahlunto ini. Sayang kalau potensi yang sangat besar dari wisata di Sawahlunto ini tidak terkelola dengan optimal, maka itu Kemenparekraf turun membantu. Saya berpesan tolong Pemko Sawahlunto dan masyarakatnya tetap menjaga dan merawat destinasi yang ada serta menumbuhkan karakter yang baik bagi wisatawan," ujar Menparekraf Sandiaga Uno.


Sandiaga Uno juga katakan siap mendukung pariwisata Kota Sawahlunto dilakukan Kemenparekraf dengan bingkai inovasi, adaptasi dan kolaborasi.


Terkait strategi khusus untuk menjangkau wisatawan mancanegara, Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan pihaknya bakal membantu dengan menggunakan metode big data yang targeted dan segmented. 


"Kita akan mulai dengan menjangkau dan mendekati para keluarga/anak cucu dari orang Belanda yang dahulu pernah di Sawahlunto ini. Kita pengaruhi mereka bagaimana bisa penasaran dan tertarik untuk mengunjungi Sawahlunto, kota yang ikut dibangun dan dihuni oleh nenek moyang mereka pada zaman Kolonial dahulu. Peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara bisa kita mulai dari angle ini," pungkasnya. (Z.Z)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!