Breaking News

Connect With us

April 1, 2021

Pra Kongres Internasional JPKI, Sawahlunto Tepilih dalam Pencanangan Kota Kebudayaan


FS.Sawahlunto(SUMBAR)-
Kota Sawahlunto, Sumatera Barat (SUMBAR), yang dikenal dengan berbagai peninggalan sejarah dan kebudayaan dikenal memiliki icon wisata sejarah dan budaya yang unik dan memiliki nilai estetik tersendiri. Dikenal sebagai Kota Wariran Budaya UNESCO, Kota Wisata Tambang, Kota Arang dan masih banyak  sebutan lainnya yang mengantarkan Wisata Sawahlunto diperhitungkan ditingkat Nasional maupun Internasional.


Kota Sawahlunto terpilih dalam Pencanangan Kota Kebudayaan dari 5 Kota yang ada di Indonesia yakni Sawahlunto, Banda Aceh, Bogor, Surakarta, dan Ambon yang diteapkan dalam Kongres Pra Rakernas Internasional Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) yang digelar di Banda Aceh 28 - 31 Maret 2021 kemaren.


Wakil Walikota (Wawako) Sawahlunto Zohirin Sayuti  yang mengikuti Pra Rakernas  Internasional JKPI mengatakan, dalam Pra Rakernas itu menghasilkan kesepakatan antara lain pencanangan 5 Kota Kebudayaan di mana Kota Sawahlunto termasuk salah satu di dalamnya. 


‘’ 5 kota kebudayaan yang ditetapkan dalam Pra  Kongres itu yakni Sawahlunto, Banda Aceh, Bogor, Surakarta, dan Ambon’’ terang Zohirin.


"Kemudian dalam Pra Kongres kita juga menyepakati bahwa untuk Kongres JKPI ke - 5 akan diselenggarakan nanti  25 Oktober 2021 di Bogor"  sambung  Wawako.


Zohiri juga katakan dengan mengikuti JKPI ini, selain membantu mempromosikan wisata Kota Sawahlunto juga memberikan peluang Sawahlunto ikut dalam program - program terkait Heritage (Kota Tua) di Indonesia maupun dunia.


"Dengan masuk dalam jaringan ini tentunya kita jadi memiliki lebih besar peluang dalam mendapatkan perhatian, program dan bantuan. Apalagi kita sekarang menyandang status sebagai World Heritage yang ditetapkan UNESCO" pungkasnya. (Z.Z)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!