Breaking News

April 28, 2021

Wako Deri Asta Bersama Manajer PLN UPK Ombilin Serahkan Bantuan TJSL/CSR


FS.Sawahlunto(SUMBAR)-Walikota Sawahlunto Deri Asta, SH bersama Manager PLN Persero  UPK Ombilin Sodikin  menyerahkan bantuan Tanggung Jawab Sosial  dan  Lingkungan (TJSL/CSR) kepada 9 kelompok penerima bantuan dan 5bantuan Yayasan Baitul Mal kepada 5 kategori penerima bantuan.Total bantuan yang diserahkan adalah sebesar 487 juta yang terdiri dari Rp 355 juta bantuan TJSL/CSR dan Rp 132,5 juta bantuan dari Yayasan Baitul Mall.


Diantara  9 penerima bantuan itu antara lain: Pembangunan Balai Adat Kerapatan Adat Nagari (KAN) Sijantang sebesar Rp 30 juta; Pengembangan budidaya singkong Kelompok Tani Parigi jaya Desa Sijantang  sebesar 40 juta rupiah; Pipa irigasi sawah Kelompok Tani Maju Basamo Talawi Hilie sebesar Rp 10 juta rupiah; Produk makanan olahan dari ikan lele KWT. Anggrek Desa Salak sebesar Rp 10 juta rupiah; Pengembangan usaha tanaman hortikultura menggunakan media hidroponik Kelompok Tani Bismillah Desa Salak sebesar Rp 50 juta; Pembinaan pengrajin songket kelompok Songket Berkat Yakin Talawi Mudik sebesar Rp 50 juta; Pemanfaatan FABA menjadi batako dan paving block untuk Bumdes Karya Muda Mandiri (Desa Salak) Bumdes Talago Ameh (Desa Talawi Hilie) dan Bumdes Kolok Nan Tuo dengan total sebesar Rp 100 juta ; Pengembangan produk makanan olahan dari tempe, kelompok usaha Tempe Mandiri Desa Sikalang sebesar Rp 25 juta dan Perluasan area perkebunan serai wangi Keltan Atsiri Berkat Yakin Desa Balai Batu Sandaran Rp 40 juta. 


Sementara  bantuan dari Yayasan Baitul Maal yang merupakan zakat harta dari karyawan PLN UPK Ombilin di tahun 2021 khusus di bulan suci Ramadan 1442 Hijriyah sebesar Rp 132,5 juta dengan rincian sebagai berikut :


1. Bantuan Mustahik usulan pegawai untuk warga di sekitar area PLTU sebesar Rp 50 juta 

2. Bantuan fakir miskin untuk masyarakat sekitar sebesar Rp 34 jutar

3. Bantuan Guru Tahfidz sebesar Rp 28, 5 juta

4. Bantuan Rumah Makan Tahfidz An-Nur sebesar Rp 6 juta 

5. Bantuan masker dan biaya berobat masyarakat miskin sebesar Rp 13 juta 


Dalam sambutanya, Sodikin mengatakan   bahwa kegiatan program PLN Peduli ini disalurkan setelah mengevaluasi permohonan dan kebutuhan masyarakat setempat. Ia mengatakan, PLN sebagai perusahaan perseroan diwajibkan untuk memberikan CSR sebagai bentuk tanggung jawab sosial kepada masyarakat. 


" Kami berkewajiban untuk meningkatkan kesejahteraan dan pemberdayaan masyarakat melalui penyaluran tanggung jawab sosial dan lingkungan," ujar Sodikin.


Ia berharap bantuan yang diberikan mampu  meningkatkan perekonomian dan kemandirian masyarakat di sekitar pembangkit dan turut memberikan semangat optimisme kepada masyarakat di tengah pandemi ini. 


Sementara Walikota Sawahlunto Deri Asta dalam sambutannya sangat  mengapresiasi kepada PT PLN ( Persero) UPK Ombilin yang telah memberikan perhatiannya kepada masyarakat untuk memperoleh kehidupan yang lebih baik melalui bantuan CSR/TJSL. 


Deri Asta berharap bantuan tersebut selaras dengan program pemerintah daerah dalam upaya mendorong tumbuhnya ekonomi kerakyatan atau Usaha Kecil Menengah (UKM).


" Kami sengaja membawa Dinas terkait hadir dalam acara ini seperti Dinas LH, Dinas Pertanian dan Dinas Koperindag agar CSR yang diberikan bisa sinkron dengan program dan visi misi Pemerintah Daerah dalam upaya mendorong tumbuhnya ekonomi kerakyatan atau Usaha Kecil Menengah (UKM) " ujar Walikota Deri Asta.


Lebih lanjut dikatakan Deri Asta, dengan keterbatasan anggaran, sesuai amanat Presiden Jokowi pembangunan daerah itu harus dilaksanakan secara bergotong royong melibatkan seluruh stakeholder yang ada di daerah. Bantuan yang diberikan PLTU Ombilin sangat membantu membangkitkan perekonomian masyarakat. 


“Terima kasih PLTU Ombilin atas bantuan yang diberikan, karena bantuan ini sangat membantu program pemerintah daerah di sektor UKM. Namun kami berharap agar jumlah bantuannya lebih meningkat lagi di tahun mendatang," ujar Deri Asta. 


Deri Asta berharap program–program CSR/TJSL khususnya pemberdayaan masyarakat ekonomi produktif atau Ukm ini terus berkelanjutan,  berkesinambungan karena manfaatnya yang secara langsung dirasakan masyarakat. (Z.Z)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!