Breaking News

Connect With us

April 6, 2021

Wapres Ma'ruf amin Resmikan Pasar Rakyat Pariaman, Wako Genius Umar Usulkan 3 Pembangunan


FS.Pariaman(SUMBAR)-Dengan perasaan haru Walikota Pariaman Genius Umar mengucapkan selamat datang kepada Wakil Presiden RI  Ma’ruf Amin. Yang telah sudi datang berkunjung ke Kota Pariaman atas undangan  Pemko. Pariaman meresmikan pasar rakyat pariaman pada Selasa (6/04).


“Kedatangan Bapak ini adalah satu hal yang luar biasa, dan merupakan satu kebanggaan bagi kami Pemerintah Kota Pariaman dan seluruh masyarakat Kota Pariaman. Dengan segala kesibukan yang  bapak jalani, bapak mau menyempatkan diri datang ke Kota Pariaman untuk meresmikan Pasar Rakyat Kota Pariaman ini”, ujar Walikota Genius sambil mengusap air mata bahagia.


Dalam laporan singkatnya kepada Wapres RI Ma’ruf Amin di laoksi peresmian Pasar Rakyat Kota Pariaman, Genius Umar menjelaskan bahwa pasar Pariaman ini adalah pusat kegiatan ekonomi Kota Pariaman yang merupakan  multiflier effect terhadap daerah tetangga Kabupaten Padang Pariaman dan sebagian Kabupaten Agam.


"Melihat kondisi pasar yang semakin tidak kondusif akibat gempa yang terjadi pada tahun 2009, mustahil rasanya bagi Kota Pariaman dengan dana APBD yang sangat terbatas untuk membangunnya. Maka dari itu kami mengusulkan kepada Pemerintah Pusat untuk membantu pembangunan pasar pariaman ini,"ulasnya


Alhamdulillah lanjutnya, usulan kami diterima dan pada akhir tahun 2019 dimulailah pembangunan fisik Pasar Rakyat Kota Pariaman, dan selesai pada tahun 2021 dengan menghabiskan dana APBN hampir 100 milyar.


"Pada kesempatan ini saya juga memohon kepada bapak untuk bisa kembali membantu kelanjutan pembangunan pasar basah yang masih membutuhkan dana sekitar 300 juta lagi, dan pembangunan masjid terapung yang membutuhkan dana sekitar 80 Milyar rupiah lagi,"tangkas Genius


Masjid terapung ini kami buat karena adanya sejarah yang membuktikan bahwa agama islam masuk ke Ranah Minang ini bermula dari Pariaman.


Kemudian lanjutnya, Pariaman yang merupakan daerah pesisir dengan mayoritas masyarakat di tepi pantai  sebagai nelayan, serta untuk meningkatkan akses pariwisata.


"Maka kita juga berharap adanya pembangunan pelabuhan  sebagai akses kapal-kapal yang melewati perairan Pariaman, sekaligus untuk mendukung pariwisata Pariaman,"pungkasnya


Selain itu dapat juga kami jelaskan untuk penanganan covid-19, Pemerintah Kota Pariaman telah bergerak cepat dalam mengendalikan penyebaran virus corona di tengah masyarakat.  Dengan kerja keras dari semua pihak, up date terakhir covid-19 Kota Pariaman tertanggal 3 April 2021, dari 606 orang kasus terkonfirmasi, 578 orang dinyatakan sembuh serta 33 orang kasus kontak erat sedang dalam pemantauan. Dengan kondisi seperti itu Kota Pariaman masuk dalam kategori zonasi kuning.


Dengan status zona kuning, Kota Pariaman memungkinkan untuk memasuki fase tatanan kehidupan baru yang produktif dan aman, yang telah kami launching pada tanggal 8 Juni 2020 lalu.


“Untuk itu atas nama Pemerintah Daerah dan Masyarakat Kota Pariaman, kami mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Pusat, atas policy dan directing yang telah diberikan kepada Kota Pariaman.


Semoga kedepannya apa yang kami sampaikan kepada bapak, bisa ditindak lanjuti demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kota Pariaman”, pungkas Genius Umar menutup laporannya (war)


Pada kesempatan itu juga, Wakil Presiden RI Ma,Ruf Amin mengucapkan, syukur Alhamdulillah Atas Peresmian Pasar Pariaman yang merupakan program lintas kementerian antara Kementerian Koperasi UMKM dan PUPR.


"Kita memeliki komitmen memperbaiki bangunan pasar Pariaman untuk memberikan akses pada para pedagang utamanya UMKM. Pasar rakyat pariaman ini memiliki jejak sejarah yang panjang sejak zaman pemerintahan Hindia Belanda 


Lanjutnya, pasar ini juga mampu bertahan akibat bencana gempa 2009. Nilai history ini yang merupakan modal revitalisasi pasar rakyat pariaman yang diselaraskan dengan lingkungan dan kearifan lokal.


"Pasar rakyat pariaman harus mampu menjadi pasar yang sehat, bersih,aman dan tertata serta mampu bersaing dengan pasar-pasar lainnya.


Pemerintah daerah bersama pengelolanya juga harus melakukan revitalisasi management. Intinya revitalisasi ini bermuara pada peningkatan ekonomi masyarakat dan pendapatan para pedagang.


Revitalisasi budaya juga diperlukan untuk meciptakan lingkungan pasar yang berdampak positif terhadap dinamika sosial.


"Mengingat pasar merupakan tempat dengan interaksi dan mobilitas tinggi. Saya mendorong pemerintah daerah untuk melakukan vaksinasi covid-19 pada pedagang pasar sebagai target penerima vaksin secara nasional sebesar 70% dari 181 juta jiwa penduduk,"ulasnya


"Saya ingatkan lagi vaksinasi ini harus kita lakukan dalam rangka menjaga lingkungan pasar dan kekebalan kelompok, supaya kita terbebas dari wabah covid-19 ini


"Para ulama juga menyatakan vaksinasi dan menggunakan masker serta penerapan PPKN bagi warga negara merupakan kewajiban yang termasuk Fardu kifayah. 


Karena mencegah dari pada bahya itu menjadi kewajiban. Untuk kemaslahatan bangsa Indonesia.


"Untuk membangun geliat pembangunan daerah, melalui transaksi perdagangan diperlukannya sinkronasasi antara Pemerintah daerah dengan masyarakat.


Dengan selesainya revitalisasi pasar rakyat ini, saya berharap pasar ini mampu menjadi motor penggerak perkembangan UMKM di Kota Pariaman.


Para pelaku UMKM harus dipastikan sebagai pengisi pasar, setidaknya 360 kios harus di isi oleh UMKM.


Pasar rakyat kota Pariaman berada dikawasan strategis yang terletak di tepi pantai yang juga merupakan kawasan wisata gandoriah.


Dilain pihak para pedagang juga harus mampu menyesuaikan diri dengan era digitalisasi yang semakin hari terus berkembang.


"Oleh karenanya para pedagang juga harus belajar bagaimana memanfaatkan tekhnologi memasarkan dagangannya. Supaya tidak tertinggal dan tergerus oleh era globalisasi,"ungkapnya 


Di akhir penutupan, Wapres berpesan kepada Menteri perdagangan dan PUPR. Supaya permintaan dari Gubernur dan Wako Pariaman untuk diperhatikan.


"Hanya menunggu waktu saja. Insya Allah jika Tuhan mengabulkan pasti dapat diwujudkan,"pungkasnya (***)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!