Breaking News

Connect With us

May 28, 2021

Distanhortbun Pessel Bertemu dengan Petani Salido Bahas Pelaksanaan Tanam Padi Serentak

                                                                    27 Mei 2021

FS.Pessel(SUMBAR)-Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (Distanhortbun) Pesisir Selatan, Nuzirwan melakukan pertemuan dengan petani Nagari Salido, Kecamatan IV Jurai bertempat di Embung Lubuk Agung, Kamis (27/5).


"Ya, pertemuan itu kami lakukan dalam rangka membahas pelaksanaan tanam padi serentak pada lahan seluas 270 hektare yang dialiri Embung Lubuk Agung Nagari Salido," sebut Nuzirwan usai pertemuan tersebut.

Dikatakan, sebelum dilaksanakan tanam padi serentak, petani setempat juga menggelar doa bersama agar tanaman padi nantinya terhindar dari hama dan penyakit serta produksi meningkat.

Lebih lanjut disebutkan, tanam padi serentak memang harus dioptimalkan untuk meningkatkan produksi dan meminimalisir serangan hama tanaman. Saat ini rata-rata musim tanam di Pesisir Selatan (Pessel) dua kali dalam satu tahun pada lahan seluas 30.344 hektare.

Selanjutnya, agar lahan yang ditanami terbebas dari hama, maka petugas lapangan haru melakukan pembinaan pada petani untuk melaksanakan tanam padi serentak. "Pola tanam padi serentak banyak manfaatnya. Selain untuk mengurangi serangan hama juga dapat meringankan biaya produksi," ungkapnya.
 
Lebih lanjut ia mengatakan, petani di daerah juga didorong meningkatkan produktivitas pertanian. Pemkab melalui Distanhorbun juga berupaya meningkatkan produksi padi, terutama pada lahan yang memiliki jaringan irigasi yang airnya terjamin.

Ia mengatakan, menjamin ketersediaan stok pangan, tidak hanya dilakukan melalui peningkatan produksi padi, tapi lebih penting kebiasaan masyarakat menjual habis hasil panen bisa dihilangkan.

"Saya meminta petani agar tidak menjual habis hasil panen. Sisihkan sebagian untuk konsumsi agar ketersediaan pangan tetap terjaga. Hal itu hendaknya terus disosialisasikan oleh petugas di lapangan," katanya.(03/Humas Pessel)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!