Breaking News

Connect With us

June 6, 2021

Peduli Peningkatan Kesejahteraan Rakyat, Babinsa Laksanakan Komsos ke Warga Binaan


5 Juni 2021



FS.Bengkayang(Kalbar) - Sabtu (5/6/21) Sebagai upaya peningkatan ekonomi masyarakat Babinsa Koramil 1202-03/Sry Kopda  Ricchi Corneddhi melaksanakan pembinaan dan pendampingan kepada masyarakat agar terus membudidayakan Rumput Laut bertempat di Rumah Bapak Murni ( 45 Tahun ) warga Rt. 02 / Rw. 01 Dsn. Karang Utara Ds. Pulau Lemukutan Kec. Sungai Raya Kepulauan Kab. Bengkayang.

Kopda Ricchi Corneddhi mengatakan, Potensi keuntungan budidaya rumput laut memang terbukti sangat menjanjikan khususnya bagi warga pulau yang tinggal di pinggiran laut.

Rumput laut merupakan salah satu usaha dalam bidang laut yang menguntungkan. Indonesia merupakan salah satu poros maritim Dunia, dimana Negara ini memiliki kekayaan laut yang sangat melimpah ruah. Tak hanya dari sisi perikanan, dukungan biota laut lainnya seperti rumput laut merupakan bagian penting dalam membentuk ekosistem laut yang indah, terang Kopda Ricchi Corneddhi.

Lanjutnya, Sebagai Babinsa dalam melaksanakan komsos kali ini bersama petani rumput laut, dengan maksud untuk memberikan pemahaman kepada kelompok tani rumput laut, sehingga dalam pengolahan hasil budidaya rumput laut dapat memperoleh hasil yang baik sehingga pada akhirnya dengan kualitas rumput laut yang baik, rumput laut yang dihasilkan dapat diminati oleh pasar hingga pada akhirnya dapat meningkatkan ekonomi masyarakat itu sendiri.

“Dengan adanya pendampingan dari Babinsa, yang turun langsung membantu masyarakat secara terus menerus harapannya akan memberikan semangat bagi masyarakat agar tetap membudidayakan rumput laut yang sudah mulai berkembang pesat di Desa binaannya tersebut,” kata dia.

Di jelaskan Bapak Murni dalam pembibitan juga ada beberapa kendala di laut yaitu beberapa hama yang mengganggu seperti teripang, bulu babi, larva, maupun ikan herbivora lainnya. "Setelah melewati proses budidaya yang cukup panjang, tahap akhir yang harus dilakukan adalah memanen hasil. Waktu panen pun juga disesuaikan dari cara dan proses budidaya yang akan dilakukan, Untuk bibit rumput laut bisa di panen antara 25 sampai dengan 35 hari," tururnya.
(Pendim 1202/Skw)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!