Breaking News

Connect With us

July 16, 2021

Anggota Satgas TMMD Ke-111 Kodim 1207/Pontianak Sambangi Petani Kopi Arabica

.


 

Kubu Raya - Selain melaksanakan kegiatan TMMD ke-111 Kodim 1207/Pontianak di Dusun Maju Jaya, Desa Kuala Mandor B, Kecamatan Kuala Mandor B, Kabupaten Kubu Raya, anggota satgas TMMD sukseskan ketahanan pangan dengan menyambangi petani kopi arabica milik bapak Samsul, Sabtu (10/07/2021).

Sertu Asiani yang pernah mengikuti pembekalan keterampilan bidang pertanian saat sambangi petani kopi arabica milik bapak Samsul mengatakan, “Budidaya kopi arabica merupakan peluang bisnis yang sangat menjanjikan dan sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat, karena banyak sekali penikmat kopi sejati khususnya di wilayah Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya” katanya.

Sebagian besar warga di lokasi TMMD ke-111 Kodim 1207/Pontianak adalah petani yang diantaranya petani nanas, jengkol dan sawit, namun untuk petani kopi hanya beberapa orang saja disini. Saya menyampaikan tentang cara pemilihan bibit kopi arabica unggul, pembuatan lubang, pengaturan jarak tanam, tanaman pelindung, penanaman, pemupukan, perawatan dengan pemangkasan serta panen agar memperoleh hasil yang menggembirakan. Kita akan memotivasi dan memberikan semangat kepada petani, seperti dalam mempersiapkan bibit tanaman kopi arabica saat ini” tambah Sertu Asiani.

Sementara itu, bapak Samsul pemilik petani kopi arabica menyampaikan, “Ini sudah beberapa kali kami melakukan pembibitan, namun dengan kondisi tanah di wilayah sini adalah tanah gambut, dengan kondisi tanah yang gambut ada beberapa jenis tanaman yang bisa subur. Bibit kopi arabica ini kami beli dari jawa dan akan kami coba membudidayakannya di Desa Kuala Mandor B dan kami minta bapak TNI atau Babinsa bisa membimbing kami untuk membudidayakan kopi arabica ini disini” ujarnya.

(Pendim 1207/Pontianak)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!