Breaking News

July 1, 2021

Bergelar Rangkayo Rajo Gandam, Wako Genius Umar Dilantik jadi Ketua LKAAM Kota Pariaman


FS.Pariaman(SUMBAR)-Walikota Pariaman, Genius Umar dilantik sekaligus dikukuhkan sebagai Ketua LKAAM Kota Pariaman yang bergelar Rangkayo Rajo Gandam pada, Rabu (29/06).


Menurut Genius,  keberadaan lembaga adat yang ada di Kota Pariaman ini di harapkan membantu Pemerintah Kota Pariaman dalam menggali potensi-potensi daerah dalam mewujudkan pembangunan dan pemberdayaan, khususnya membangkitkan kembali kerarifan lokal yang pernah kita miliki.


" Dan juga keberadaan niniak mamak yang tergabung dalam LKAAM dan KAN nantinya, dapat dijadikan sebagai sarana untuk mempersatukan sanak kemenakan dalam mensukseskan pembangunan Kota Pariaman," ujar Genius.


Disamping melestarikan nilai-nilai luhur adat Minangkabau serta mengembangkan falsafat adat Minangkabau yaitu Adat basandi Syara', Syara' Basandi Kitabullah, jelas Genius, Kita selaku niniak mamak, juga harus bisa menyesuaikan dengan keadaan saat ini.


" Seperti kita juga harus bisa menguasai gadget dan IT, agar tahu apa yang sedang dikerjakan oleh anak kemenakan  kita, sehingga peran Ninik Mamak, Bundo Kanduang dan LPM, benar-benar menyasar dengan perkembangan zaman yang kita rasakan saat ini," tukas Genius.


Genius berharap, dengan keberadaan pengurus LKAAM yang baru, kita saling bersinergi bersama Bundo Kanduang dan DPD LPM Kota Pariaman agar dapat menjalankan amanah dan tugas dengan baik kedepannya


Pengukuhan dan pelantikan Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) menjadi lembaga adat sebagai pilar pembangunan dan pemberdayaan masyarakat dalam suatu daerah.


Hal tersebut, menjadi kepercayaan penuh kepada Niniak Mamak Dan Bundo kanduang dalam menata dan menjalankan sistem sosial budaya ditengah masyarakat, khususnya di Kota Pariaman.


Dengan habisnya periodesasi LKAAM Kota Pariaman sebelumnya, maka telah dilaksanakan rapat pengurus LKAAM Kota Pariaman untuk membentuk LKAAM yang baru dalam Musyawarah Daerah (Musda) III Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM).


 dan Bundo Kanduang pada bulan Februari lalu dengan terpilihnya Dr. H. Genius Umar Rangkayo Rajo Gandam sebagai Ketua LKAAM periode 2021-2026.


Sehingga, sudah dinyatakan oleh LKAAM Sumbar, dan dilakukan pelantikan dan pengukuhan kepengurusan LKAAM yang baru oleh Ketua LKAAM Sumbar M. Sayuti Datuak Rajo Panghulu di Aula Balaikota Pariaman, Rabu (30/6/2021), sekaligus mengukuhkan juga Bundo Kanduang Kota Pariaman dan DPD LPM Kota Pariaman.


Usai dilantik dan dikukuhkan, Ketua LKAAM Kota Pariaman, Dr. H. Genius Umar Rangkayo Rajo Gandam, yang juga Walikota Pariaman itu sampaikan ucapan terimakasih kepada niniak mamak se Kota Pariaman atas amanah yang diberikan untuk memimpin LKAAM Kota Pariaman. (war)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!