Breaking News

July 14, 2021

Pemko Pariaman Pinjamkan 8 unit Ventilator untuk RSUP M. Djamil


FS.Pariaman(SUMBAR)-Walikota Pariaman, Genius Umar meminjamkan 8 unit ventilator ke RSUP M. Djamil Padang. Karena saat ini rumah sakit tersebut kekurangan pasokan oksigen akibat membludaknya pasien yang bergejala berat Covid-19 sehingga membutuhkan tambahan ventilator.


Dr. dr. Andani Eka Putra, Kepala Laboratorium Pusat Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Fakultas Kesehatan UNAND (Universitas Andalas) mengatakan, RSUP M Djamil sangat membutuhkan ventilator untuk kebutuhan oksigen pasien, dan alhamdulillah, Pemko Pariaman bersedia meminjaman 8 unit ventilator untuk kebutuhan pasien Covid-19 di RSUD M Djamil. 


"Saya sangat mengapresiasi Walikota Pariaman yang telah mengizinkan untuk meminjamkan 8 ventilator untuk RSUP M Djamil Padang, kondisi sekarang pasien banyak yang mengantre masuk ICU karena Covid-19, karena kekurangan ventilator akhirnya menunggu ada pasien yang meninggal terlebih dahulu baru bisa masuk ICU," tuturya.


Andani juga menceritakan kapasitas tempat tidur ICU. RSUP M Djamil tersedia 255 tempat tidur khusus untuk pasien Covid-19, yang kini sudah penuh, karena itu saat ini ada penambahan sebanyak 86 ketersediaan tempat tidur tambahan untuk ICU RSUP M Djamil.


Untuk situasi saat ini, RSUP M Djamil Padang berada di posisi tanggung jawab terakhir untuk menangani pasien Covid-19 yang memiliki gejala berat atau kritis di Provinsi Sumatera Barat.


"Selain itu, saat ini terdapat tiga daerah di Sumbar yang masuk dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat mulai kemaren, 12 Juli 2021 yakni Kota Padang, Padang Panjang, dan Bukittinggi" tutup Tenaga Ahli Kementerian Kesehatan RI ini.


Walikota Pariaman Genius Umar memberi perhatian khusus untuk pasien Covid-19 yang ada di Sumatera Barat, khususnya yang dirawat intensif dan memerlukan ventilator untuk pasokan oksigen, karena itu, dirinya meminjamkan ventilator yang ada di daerahnya untuk RSUP M Djamil.


"Semoga apa yang kita lakukan ini dapat membantu pasien Covid-19 yang memerlukan ventilator ini, karena kami mendapat laporan bahwa ada pasien yang antre sampai dua hari untuk bergantian memakai ventilator di RSUP M Djamil, karena itu kita meminjamkan  ventilator ini," tuturnya pada, Selasa (12/07).


Lebih jauh ia mengatakan, Kota Pariaman tidak terlalu banyak yang dirawat dan memerlukan bantuan ventilator.


"Ini juga salah satu alasan kami untuk meminjamkan 8 ventilator  yang ada di Dinas Kesehatan Kota Pariaman," ungkapnya mengakhiri. (war)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!