Breaking News

July 29, 2021

Pesisir Selatan Dapat Bantuan 6000 Bibit Pohon Cemara Laut dari KKP

                                                                    29 Juli 2021


Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pesisir Selatan, Andi Syafinal
FS.Pessel(SUMBAR)-
Tahun anggaran 2021 ini, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI menyalurkan bantuan bibit pohon cemara laut sebanyak 6000 batang kepada Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel).


Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pesisir Selatan, Andi Syafinal, Kamis (29/7) di Painan menyebutkan, bantuan pohon cemara laut itu dalam rangka mitigasi tsunami dengan vegetasi pantai.

Lebih lanjut Andi Syafinal mengatakan, pohon cemara laut sebanyak 6000 batang tersebut ditanam pada 5 titik pantai di Kabupaten Pesisir Selatan dengan luas areal penanaman 11 hektare.

Dijelaskan, lokasi penanaman itu adalah di Pantai Muara Anakan, Kecamatan Batang Kapas sebanyak 1.250 batang, Pantai Muara Kandis, Kecamatan Linggo Sari Baganti sebanyak 938 batang.

Selanjutnya, Pantai Nyiur Melambai, Kecamatan Ranah Pesisir sebanyak 2.000 batang, Kampung Sungai Tawa, Kecamatan Batang Kapas sebanyak 688 batang, dan Pantai Sago, Kecamatan IV Jurai sebanyak 938 batang.

"Pantai di Kabupaten Pesisir Selatan rawan dilanda abrasi seperti Pantai Batu Kalang, Kecamatan Koto XI Tarusan, Pasar Baru, Kecamatan Bayang, Sago, Kecamatan IV Jurai, Anakan, Kecamatan Batang Kapas, Surantiah, Kecamatan Sutera, Kambang, Kecamatan Lengayang, Air Haji, Kecamatan Linggo Sari Baganti dan Silaut," katanya.

Ia mengatakan, dengan melakukan kegiatan penanaman pohon cemara laut, maka dapat mengantisipasi bencana abrasi pantai, termasuk meredam ancaman gelombang tsunami.

"Untuk itu kita minta kerjasama masyarakat yang ada di pinggir pantai untuk merawat dan menjaga pohon cemara laut ini. Mudah-mudahan dapat mengantisipasi abrasi dan tsunami, sekaligus berpotensi sebagai objek wisata," ucapnya.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan RI yang telah menjadikan Kabupaten Pesisir Selatan sebagai salah satu lokasi penanaman pohon cemara laut.(03/hms pessel)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!