Breaking News

Connect With us

July 4, 2021

Produksi Tas Kain Perca, UP2K Desa Talawi Hilie Dapat Suport dari TP PKK Sawahlunto


FS.Sawahlunto(SUMBAR)-Ketua Tim Penggerak Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Sawahlunto, Ny Meivita Deri Asta siang tadi, Minggu 04 Juli 2021 menerima kunjungan Pengrajin Tas Perca Kain UP2K Desa Talawi Hilie, Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto di Rumah Dinas Walikota Sawahlunto.


Ini sungguh luar biasa, meski di masa Pandemi yang melanda seluruh masyarakat dengan segala aturan yang mengharuskan membatasi aktivitas serta interaksi namun justru memicu masyarakat ekonomi menengah kebawah untuk bangkit menopang perekonomian keluarga.


Inilah yang dilakukan ibu-ibu di Desa Talawi Hilie, di bawah Pimpinan Kepala Desa Ferdian Irwan, ibu-ibu yang tergabung dalam UP2K Desa Talawi Hilie ini memproduksi Tas Perca Kain yang memanfaatkan kain perca sebagai bahan bakunya.


Dibina dan diarahkan oleh isteri Kepala Desa Ny.Yumnel Ferdian, mereka berhasil menyulap kain perca menjadi aneka Tas yang cantik dan menarik, sehingga menjadi usaha ibu-ibu rumah tangga di Desa Talawi Hilie.


Inovasi ini disambut baik oleh Ketua TP PKK Sawahlunto My.Meivyta Deri Asta.


"Ini sungguh di luar dugaan, perca yang semestinya menjadi limbah dapat digunakan dan dimanfaatkan untuk dijadikan sebuah produksi rumah tangga" ujar By.Meivyta.


Dalam pertemuannya dengan UP2K Talawi Hilie itu My. Meivita menyatakan mensuport penuh agar usaha ini dilanjutkan dan dikembangkan.


"Saya berharap usaha ini dilanjutkan dan kami dari Pemko akan mencarikan  solusi untuk pemasarannya. Selain itu kami akan mempromosikannya di setiap kegiatan baik di Sumatera Barat maupun di luar Sumatera Barat" tegas Ny.Meivyta.


Nyi.Meivyta juga menyarankan agar prodak ini juga dipromosikan melalui media online dengan memikirkan ekspedisinya.


Ny.Meivyta juga akan membawa produk Tas UP2K Desa Talawi Hilie pada kegiatan PKK di Pariaman tanggal 6-7  Juli 2021 mendatang.


"Dengan harga berkisar 75 sampai 150 ribu tersebut Tas ini tidak kalah bentuknya dengan tas-tas lain yang dipajang di toko dan mall besar" imbuhnya.


Meivyta juga berharap agar UP2K juga BB berinovatif untuk kegiatan penunjang usaha ekonomi rumah tangga lainnya, terlebih di masa Pandemi ini.


Di akhir pertemuanya, Meivyta menghimbau "mari kita cintai prodak daerah sendiri yang tidak kalah dengan prodak daerah lain".(PM)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!