Breaking News

Connect With us

July 9, 2021

UMKM Desa Rantih Sawahlunto Ciptakan Inovasi Air Minum Kemasan merk "ARAN"


FS.Sawahlunto(SUMBAR)- Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Desa Rantih, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat berhasil menciptakan inovasi baru yaitu Produk Air Minum Kemasan dengan brand ‘’ARAN’’. 


Ini sungguh luar bisasa dan patut dikembangkan dalam situasi pandemi agar dapat membantu mengembangkan ekonomi masyarakat dan menambah penghasilan. Air yang digunakan sebagai air kemasan ARAN ini bersumber dari mata air di Desa Rantih. Air tersebut kemudian ditampung dan dialirkan ke instalasi pengolahan air minum dalam kemasan yang berkapasitas menghasilkan 40 kardus/jam. 


Humas Pemko Sawahlunto dalam rilisnya hari ini mengatakan, peluncuran/ launching  produk air minum ‘’ARAN’’ ini   telah dilaksanakan pada Selasa 07 Juli 2021  di Dusun Pakan Namo Desa Rantih.


Acara dihadiri langsung oleh Walikota Deri Asta, SH  , GM PT. Bukit Asam Pertambangan Ombilin, Yulfaizon, dan GM PT. PLN UPK Ombilin, Daryanto.


Dalam sambutannya  Deri Asta mengajak semua jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk memprioritaskan produk UMKM Sawahlunto untuk digunakan dalam kegiatan – kegiatan maupun sebagai cendera mata. Produk UMKM Sawahlunto yang dapat diprioritaskan penggunaannya oleh OPD adalah produk yang sudah memenuhi standar dan regulasi yang berlaku. 


“Sepanjang produk UMKM Sawahlunto itu memang sudah layak diedarkan, artinya untuk standar – standar yang ditetapkan untuk menggunakan produk itu sudah dipenuhi. Maka OPD – OPD wajib memasukkan produk tersebut sebagai prioritas untuk digunakan,” kata Walikota Deri Asta.


Langkah tersebut disampaikan Walikota Deri Asta, merupakan upaya nyata Pemko Sawahlunto dalam berkontribusi mendukung pertumbuhan UMKM di Sawahlunto.


“Sekali lagi kami sampaikan, tolong OPD – OPD ini diterjemahkan dengan baik agar komitmen kita dalam membantu UMKM Sawahlunto ini terealisasi. Produk UMKM kita tentu sangat butuh pasar, jika saat ini mereka baru masuk ke pasar di luar Sawahlunto tentu hasilnya belum maksimal, karena itu mari kita bantu maksimalkan pasar mereka di Sawahlunto ini,” ujar Walikota Deri Asta.


Air minum kemasan dari Desa Rantih, dengan brand ‘ARAN’, yang peluncurannya dihadiri Walikota Deri Asta bersama jajaran pimpinan BUMN dan BUMD di Sawahlunto, adalah salah satu contoh produk UMKM Sawahlunto yang telah memenuhi standar – standar layak edar yang berlaku.


Pemilik CV. Rayhan Fatiha (produsen air dalam kemasan ARAN), Alfi Saat dan Nurtasmi, menyatakan bahwa air ARAN telah memiliki izin BPOM MD, SNI, sampai izin Halal dari MUI.(PM)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!