Breaking News

August 19, 2021

Kota Pariaman Ikut festifal Marandang Se-Dunia


FS.Pariaman(SUMBAR)-Pemerintah Kota Pariaman melalui TP-PKK akan mengikuti festifal rendang tingkat dunia.


Ketua TP PKK Pemko Pariaman, Lucyanel Arlym mengatakan, marandang Sedunia ini akan diadakan pada hari Sabtu (21/8/2021) secara virtual melalui zoom meeting. 


"Karena Kota Pariaman juga terkenal dengan rendangnya yang sangat lezat, maka kami memutuskan untuk mengikuti lomba tersebut", kata Lucyanel Genius.


Terkait hal tersebut secara mendadak Ketua Tim Penggerak PKK Kota Pariaman Lucyanel Genius, langsung menggelar rapat dengan Pengurus PKK Kota, PKK  Kecamatan, dan OPD Terkait untuk mempersiapkan acara Marandang Se-Dunia, yang akan diadakan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat.


Lucyanel Genius mengatakan, kegiatan memasak rendang se-dunia ini diadakan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dengan tujuan, untuk mendaftarkan Rendang sebagai “Warisan Budaya Dunia Dari Sumatera Barat, Indonesia ke UNESCO”, dan gerakan memasak rendang bersama ini akan dibuka langsung secara virtual oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo.


Selain diikuti oleh seluruh Kabupaten/Kota yang ada di Sumatera Barat, kegiatan ini juga diikuti secara virtual oleh 34 Provinsi yang ada di Indonesia dan perwakilan dari 5 Benua yaitu, Benua Amerika, Benua ASIA, Benua Afrika, Benua Eropa, dan Benua Australia.


Ketua TP PKK Kota Pariaman ini juga mengungkapkan, bahwa pada tahun 2011 rendang sudah dinobatkan sebagai hidangan yang menduduki peringkat pertama daftar World’s 50 Most Delicious Foods (50 Hidangan Terlezat Dunia) versi CNN International.


Pada tahun 2013 rendang ditetapkan sebagai “Warisan Budaya Tak Benda Indonesia (WBTBI) dari Provinsi Sumatera Barat, dan pada tahun 2018, rendang secara resmi ditetapkan sebagai salah satu dari lima hidangan nasional Indonesia.


“Rencananya acara memasak rendang se-dunia ini akan digelar di Rumah Tabuik Pasa, Kelurahan Karan Aur Kecamatan Pariaman Tengah Kota Pariaman. Pesertanya dari TP PKK Kota dan TP PKK Kecamatan yang ada di Kota Pariaman, dan disiarkan langsung secara zoom meeting”, tegas  Lucyanel Genius, di Ruangan Sekretariat PKK Kota Pariaman, Kamis (19/8).

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!