Breaking News

Connect With us

August 27, 2021

Kunjungi Desa Apar Pariaman, Sandiaga Uno Beli Ikan Asin Nelayan


FS.Pariaman(SUMBAR)-Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno Kunjungi Destinasi Wisata Apar Mangrove di Desa Apar, Kecamatan Pariaman Utara pada Jum'at (27/08).


Menteri yang akrab disapa bang sandi itu, menuju kawasan wisata apar mangrove menggunakan kereta kuda atau yang sering disebut bendi dalam logat daerah Pariaman.


Sandiaga disambut langsung oleh Wagub Sumbar, Audy Joinaldi, Walikota Pariaman Genius Umar dan Wakil Mardison Mahyudin dengan menyuguhkan atraksi ulu ambek (silat tradisional) yang dipadukan dengan kesenian gandang tasa.


Sandi mengatakan kunjungannya ke wisata apar mangrove dalam rangka mendorong, objek wista ini untuk terus berbenah dan melakukan inovasi baru agar bisa menambah penilain.


"Dari tujuh ribu, desa wisata se indonesia, apar mangrove mampu masuk nominasi penilaian peringkat 50 besar. Dan kita harapkan objek wisata ini Bisa meraih juara," ucapnya.


Pada Kesempatan itu juga Wako. Pariaman menyampaikan bahwa kita memiliki mental juara, dimana hal ini disampaikan Walikota Pariaman, Genius Umar yang optimis, bahwa Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) dan Desa Wisata Apar, bisa menjadi yang terbaik di Sumatera Barat (Sumbar) dan Nasional.


Desa Apar, Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman ini, masuk dua penilaian sekaligus, untuk Pokdarwis nya masuk dalam 5 besar penilaian Anugerah Pokdarwis se Sumbar dan Desa Wisata nya masuk 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2021 oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.


"Dalam menjadikan Kota Pariaman yang terbaik, kita mempersiapkan dengan seksama semua hal yang diperlukan, karena kita bermental juara, dan kita akan membuktikan hal tersebut dengan menjadi yang terbaik nantinya," ulasnya.


Dengan Persiapan lebih baik, maka ia optimis, Desa Apar ini akan menjadi yang terbaik dan menjadi pemenang dalam 2 ajang tersebut, baik 5 besar penilaian Anugerah Pokdarwis se Sumbar dan 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2021.


“Kita berupaya semaksimal mungkin, semoga Kota Pariaman menjadi Juara dan ini adalah buah dari upaya kita bersama dalam memajukan Kota Pariaman,” tuturnya 


Usai mengunjungi beberapa aparangrove dan objek wisata di Desa Apar Sandiaga menyempatkan diri melihat hasil kerajinan UMKM yang dipamerankan di lokasi acara.


Kemudian menyempatkan diri melihat penetasan dan pemeliharaan tukik, sekaligus mengunjungi dan menyaksikan atraksi berul memetik kelapa di STIB (Sekolah Tinggi Ilmu Baruak).


Bang sandi juga ikut membeli hasil kerajinan tangan dan olahan, dan juga hasil tangkapan nelayan berupa ikan kering yang dijemur ditepi pantai.


Acara ditutup dengan penyerahan proposal permohonan bantuan UMKM, dan Pembangunan Kios Pedagang di Objek Wisata oleh Walikota Pariaman kepada Menteri Pariwista dan Ekonomi Kreatif. (war)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!