Breaking News

September 12, 2021

Meriahkan Dies dan Lustrum ke-XIII, Unand Adakan Ajang Journalist Award


FS.Padang(SUMBAR)-Menindaklanjuti usulan salah seorang wartawan saat konferensi pers pelaksanaan acara Dies Natalis ke-65, Lustrum XIII dan Peluncuran PTNBH Unand, Jumat (10/9), agar untuk memeriahkan acara, diminta panitia mengadakan lomba menulis berita bagi wartawan, langsung direspons oleh panitia.


Dan sebagai bentuk apresiasi kepada wartawan atas kerjasama dan dukungannya terhadap Unand selama ini, melalui kegiatan puncak Dies Natalis ke-65, Lustrum XIII dan Peluncuran PTNBH Unand, maka diadakan Ajang Journalist Award (AJA) Unand 2021.


Adapun acara dies dan lustrum yang bertemakan "Unand PTNBH sebagai penggerak Kolaborasi Indonesia Maju” akan dilaksanakan pada hari Senin  tanggal 13 September 2021 di Gedung Convention Hall, Kampus Unand, Limau Manis, Padang.


“Kita bangun tradisi baru, dimana secara totalitas Unand untuk sanda manyanda bak aua jo tabiang atau sinergitas dengan  para awak media," ujar Ir Insannul Kamil, MEng, PhD, Ketua Panitia Dies Natalis ke-65, Lustrum XIII dan Peluncuran PTNBH, seperti disampaikan Ketua Seksi Humas, Dokumentasi dan Protokoler yang juga Staf Ahli Rektor Unand Bidang Komunikasi dan Media, M.A. Dalmenda, Sabtu (11/9).


Menurut Wakil Rektor III Unand itu, media punya peran dan andil luar biasa untuk berpartisipasi membesarkan Unand. "Jauh hari kita sudah mengagendakan itu dan apalagi didukung oleh kawan media seperti disampaikan saat konferensi pers,“  sebut Insannul Kamil, mengapresiasi awak media.


Lebih lanjut disampaikan, AJA Unand 2021 selain untuk membangun kemitraan yang lebih efektif juga untuk memberikan spirit dan memotivasi insan pers untuk terus membuat karya komprehensif dan memberikan informasi konstruktif kepada masyarakat.


Mengaca pada kondisi kekinian, dimana penerbitan dan pendistribusian informasi atau berita sangat cepat karena kemajuan teknologi kian pesat, diharapkan Insannul melalui karya jurnalistik tersebut, selain sebagai kontrol sosial juga memberikan edukasi bagi masyarakat.


“Tujuan AJA Unand 2021 ini, di antaranya menyajikan dinamika Dies Natalis ke-65, Lustrum XIII dan Peluncuran PTNBH Unand di tengah masa pandemi Covid-19," tuturnya.


Monumentalnya dalam kesempatan ini Presiden RI Jokowi akan memberikan sambutan kunci secara virtual, kemudian diikuti Menteri Kemedikbud Ristek dan sedikitnya 85 tokoh penting nasional dan internasional akan memberikan testimoni.


Meski ada keterbatasan menghadirkan banyak orang namun panitia, menurut Insannul, tidak kehilangan kreativitas agar gezah nilai-nilai dari kegiatan ini tetap punya dari tarik yang luar biasa.


"Untuk itu kita menggagas kegiatan dengan menyatukan ide-ide kreatif dari seluruh anggota panitia dalam beberap kali pertemuan, baik secara online terbatas maupun offline,“ jelas Insannul.


Kendati demikian, kata Insannul lagi, pada pelaksanaan nanti tetap memberlakukan standar prokes Covid-19 secara ketat. Selain offline terbatas, panitia juga menghadirkan undangan internal maupun eksternal melalui saluran online.


"Kemudian kita ingin dalam kemitraan untuk turut menggugah semangat kemitraan dengan media guna mensuppor dan mengawal serta mendukung Tridharma Perguruan Tinggi dan sebagai saluran komunikasi keterbukaan informasi publik," pungkas Insannul.


Syarat dan Ketentuan Ikut AJA Unand 2021


Karya jurnalistik pada AJA Unand 2021 ini dalam bentuk produk feature  dengan ketentuan umum cetak online, radio dan televisi di antaranya ;


1). Menggunakan data sebagai komponen utamanya.


2). Setiap peserta boleh mengirimkan maksimal 1 karya.


3). Karya yang diikutsertakan sudah pernah dipublikasikan di media pada periode 13-30 September 2021.


4). Karya sudah harus diterima panitia paling lambat tanggal 25 September pukul 13.00 WIB.


5). Karya harus dilengkapi dengan pernyataan bahwa karya adalah karya orisinal.


6). Ralat harus disertakan jika ada.


7). Karya yang sudah dikirim ke panitia tidak akan dikembalikan.


8). Keputusan juri bersifat mutlak dan tidak bisa diganggu gugat.


9). Untuk karya media cetak, peserta harus mengirim kliping beserta soft copy karya yang sudah dimuat. Karya harus dilengkapi dengan surat keterangan dari redaktur media cetak yang menyatakan bahwa karya yang dikirimkan pernah dimuat di media tersebut.


10). Untuk karya media online, peserta harus mengirim karyanya yang sudah di-capture langsung dari situs beritanya dan alamat URL karya tersebut. Karya harus dilengkapi dengan surat keterangan dari redaktur media online yang menyatakan bahwa karya yang dikirimkan pernah dimuat di media tersebut.


11). Untuk karya media radio, karya berbentuk feature jurnalistik, peserta harus mengirim karyanya dalam bentuk CD (MP3 atau WAV). Karya harus dilengkapi dengan surat keterangan dari pimpinan (Pemimpin Redaksi) yang menyatakan bahwa karya yang dikirimkan pernah disiarkan di radio tersebut. Peserta wajib mengirimkan naskah/teks berita.


12). Untuk karya media televisi, karya berbentuk feature jurnalistik televisi, peserta harus mengirimkan karyanya dalam bentuk DVD (MPEG atau AVI atau MP4) dengan mencantumkan nama dan asal media di kepingan DVD. Peserta diwajibkan mengirimkan naskahnya/ teks berita.


13). Kirimkan karya jurnalistik melalui email : humas.unand@gmail.com dan Sekretariat Humas dan Protokol Unand


Hadiah AJA Unand 2021


Hadiah berupa uang tunai dan piagam penghargaan. Besarannya, untuk;


1). Juara I sebesar Rp3.500.000,-

2). Juara II sebesar Rp2.000.000,-

3). Juara III sebesar Rp1.500.000,-


Pengumuman pemenang pada tanggal 1 Oktober 2021 melalui website Unand, media cetak dan onlne, yang nantinya akan diserahkan pada Malam Anugerah Unand pada tanggal 8 Oktober 2021.


(Rel/Menda Pamuncak)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!